Pemuda harus berani terlibat dalam pembangunan, kata DPRD Palangka Raya

id DPRD Kota Palangka Raya,Sigit K yunianto,universitas muhammadiyah,Fakultas Ilmu Sosial dan Politik,manajemen organisasi lembaga negara

Pemuda harus berani terlibat dalam pembangunan, kata DPRD Palangka Raya

Ketua DPRD Kota Palangka Raya Sigit K Yunianto saat berdiskusi dengan mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Muhammadiyah, tentang strategi memaksimalkan manajemen organisasi lembaga negara, Palangka Raya, Kamis, (21/3/2019). (Foto Antara Kalteng/Muhammad Arif Hidayat)

Jika suatu daerah ingin maju dan berkembang, maka harus melibatkan generasi muda...
Palangka Raya (ANTARA) - Ketua DPRD Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah Sigit K Yunianto mengatakan generasi muda harus berani tampil dan terlibat secara langsung dalam pembangunan.

"Jika suatu daerah ingin maju dan berkembang, maka generasi muda harus berpartisipasi dalam pembangunan," katanya di Palangka Raya, Kamis.

Hal itu ia sampaikan, saat mengisi kegiatan diskusi tentang strategi memaksimalkan manajemen organisasi lembaga negara di Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Muhammadiyah Palangka Raya.

Pemuda harus bisa mendominasi, sebab merekalah yang seringkali memiliki ide-ide kreatif dan inovasi baru. Sementara mereka yang sudah memasuki usia senja, harusnya menjadi pembimbing dari generasi muda, sehingga kolaborasi antara keduanya akan memberikan hasil yang maksimal.

Selain itu, generasi muda juga harus kritis terhadap setiap kebijakan pemerintah jika dirasa ada yang perlu diluruskan maupun penanganan terhadap suatu masalah yang dinilai lamban.

Sigit menyebut, kemajuan suatu daerah ditentukan oleh arah dan kebijakan dari setiap organisasi lembaga negara yang ada di wilayah setempat. Untuk itu sangat penting bagi setiap lembaga memiliki aparatur dengan kualitas sumber daya manusia (SDM) yang memadai.

"Semakin berkompeten aparaturnya, maka akan semakin baik pula pelaksanaan pembangunan di daerah. Makanya generasi muda harus memberanikan diri terlibat secara langsung di dalamnya," tegasnya.

Selain SDM, faktor lainnya yang sangat menentukan maksimal atau tidaknya peran dari sebuah lembaga negara, ditentukan oleh ketersediaan sarana dan prasarana yang memadai serta komitmen dari setiap pemangku kepentingan.

Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Muhammadiyah Palangka Raya Dr Muhammad Yusuf menjelaskan, pihaknya menilai kedatangan Ketua DPRD Palangka Raya sebagai pemateri pada diskusi tersebut, memberikan manfaat positif yang sangat besar.

"Mahasiswa kami mendapatkan motivasi tambahan dan semangat untuk terlibat secara langsung dalam pembangunan. Sehingga mereka tidak hanya menjadi penonton, namun berupaya untuk terlibat dan berpartisipasi secara langsung," paparnya.