Pemkab Gunung Mas dorong kemandirian melalui lomba desa

id Pemkab Gunung Mas dorong kemandirian melalui lomba desa,Kuala kurun,Lomba desa

Pemkab Gunung Mas dorong kemandirian melalui lomba desa

Kepala DPMD Gunung Mas Yulius Agau dan rombongan tim penilai lomba desa didampingi Camat Sepang Rosalia (kanan) menggunting pita selamat datang sebelum melakukan klarifikasi lapangan di Desa Pematang Limau Kecamatan Sepang, Rabu (20/3/2019) lalu. (Foto Antara Kalteng/Chandra)

Kuala Kurun (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Gunung Mas Kalimantan Tengah, menggelar lomba desa yang diikuti delapan desa dengan harapan bisa memotivasi pembangunan agar desa mampu mandiri dan lebih maju.

“Dari 12 kecamatan yang ada di Kabupaten Gunung Mas, delapan kecamatan mengirim perwakilan untuk mengikuti lomba desa tingkat kabupaten,” ungkap Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Gunung Mas Yulius Agau saat dihubungi dari Kuala Kurun, Jumat.

Delapan desa tersebut adalah Tumbang Posu Kecamatan Damang Batu, Kasintu Kecamatan Tewah, Tumbang Lapan Kecamatan Rungan Hulu dan Karya Bakti Kecamatan Rungan.

Selanjutnya, Desa Jalemu Masulan Kecamatan Rungan Barat, Pematang Limau Kecamatan Sepang, Rangan Tate Kecamatan Mihing Raya dan Tumbang Tariak Kecamatan Kurun.

Yulius Agau mengatakan, lomba desa bertujuan untuk mendorong usaha pembangunan yang dilaksanakan oleh masyarakat desa atas dasar tekad dan kekuatannya sendiri, serta mengetahui kegiatan pembangunan yang dilaksanakan oleh masyarakat desa.

Disamping itu, lomba desa juga bertujuan untuk mewujudkan peningkatan kualitas hidup ekonomi, politik, sosial dan budaya, serta mewujudkan ketertiban dan keamanan masyarakat, menetapkan masyarakat desa yang berprestasi dalam pelaksanaan pemberdayaan masyarakat.

Dalam lomba desa dilakukan verifikasi administrasi, pemaparan dan evaluasi capaian pembangunan, tata kelola pemerintahan, serta klarifikasi lapangan guna mencocokkan antara administrasi dan kondisi riil di lapangan.

Yulius menyebut, tim penilai lomba desa tingkat Kabupaten Gunung Mas telah selesai melakukan klarifikasi lapangan terhadap delapan desa tersebut. Klarifikasi lapangan dilakukan sejak 14 hingga 21 Maret lalu.

Nantinya dari delapan desa tersebut akan dipilih enam terbaik untuk maju ke babak selanjutnya, guna melakukan paparan di Kuala Kurun. Rencananya paparan di Kuala Kurun dilaksanakan pada tanggal 25 Maret mendatang.

Dia berharap nantinya seluruh kecamatan di kabupaten bermotto Habangkalan Penyang Karuhei Tatau dapat mengirimkan perwakilan untuk mengikuti lomba desa tingkat kabupaten pada tahun 2020 mendatang.

“Pemenang lomba desa tingkat kabupaten nantinya akan menjadi wakil dari Kabupaten Gunung Mas untuk mengikuti lomba desa tingkat Provinsi Kalimantan Tengah,” demikian Yulius.