KONI Barito Utara minta seleksi Pra-PON sesuai atlet berprestasi

id koni barito utara,seleksi pra pon kalteng,pon kalteng,Pra pon kalteng

KONI Barito Utara minta seleksi Pra-PON sesuai atlet berprestasi

Sekretaris Umum KONI Barito Utara Munawar Khalil. (Foto Istimewa)

Muara Teweh (ANTARA) - Komite Olahraga Nasional Indonesia  Kabupaten Barito Utara,  minta seleksi Pra Kualifikasi Pekan Olahraga Nasional (PON) 2019 tingkat Kalimantan Tengah harus sesuai atlet berpretasi hasil Pekan Olahraga Provinsi 2018 di Muara Teweh Kabupaten Barito Utara.

'Kami minta atlet yang masuk dalam seleksi Pra-PON harus orang yang benar-benar meraih juara pada Porprov Kalteng tahun lalu,"  kata Sekretaris Umum KONI Barito Utara Munawar Khalil di Muara Teweh, Sabtu.

Menurut Khalil, selama ini ada kesan ketimpangan dan diskriminasi dalam rekrutmen atlet oleh pengurus provinsi masing-masing cabang olahraga yakni berdasarkan kedekatan atau deal-deal tertentu dengan kabupaten pengirim.

Atlet yang dikirim sehingga tidak menutup kemungkinan adalah atlet lapis kedua dan  ketiga dari provinsi atau daerah  tertentu.  
 
"Jadi kami mengusulkan atlet yang masuk dana tim Pra PON Kalteng harus sesuai prestasi minimal pada porprov tahun lalu," kata Khalil.

Khalil mengatakan misalnya Kabupaten Barito Utara memiliki beberaap atlet  yang memang berprestsi  ketika porprov 2018, menjuarai beberapa event baik nasional dan internasional.

Secara komprehensif sejumlah kejuaran tersebut, apalagi porprov adalah barometer seleksi yang harus  dijadikan acuan  untuk mengirim atlet-atlet berprestasi di ajang yang lebih tinggi.

"Kabupaten telah membina  dengan baik atlet tersebut, tentu harapan akhirnya mereka akan berlaga pada jenjang lebih tinggi.Sehingga atlet kami yang berprestasi misalnya juara pada porprov diharapkan  masuk juga dalam tim pra PON Kalteng," ujarnya.  

Dia juga meminta Pengprov cabor harus merilis daftar atlet Kalteng dalam tabel atau matrix terbuka sesuai rangking atlet tersebut.

Pada porprov Kalteng 2018 lalu cabang olahraga sepak bola kontingen Barito Utara meraih medai emas sehingga seleksi Pra PON untuk cabor sepak bola dipusatkan di Muara Teweh.

Satuan pelaksana pra kualifikasi PON kontingen Kalteng  2019 telah menjadwalkan verifikasi data atlet dan pelatih untuk Kalteng pda 27-30 Maret 2019 di Palangka Raya.