Bupati Nadalsyah buka STQ ke-50

id stq barito utara 2019,Bupati nadalsyah buka stq ke-50,Stq kalteng

Bupati H Nadalsyah menabuh terbang sebagai tanda dibukanya STQ tingkat Barito Utara di Muara Teweh, Sabtu (23/3/2019) malam. (Foto Dinas Kominfo dan Persandian Barut)

Muara Teweh (ANTARA) - Bupati Barito Utara H Nadalsyah membuka Seleksi Tilawatil Qur'an (STQ) ke-50 tingkat Kabupaten Barito Utara yang mengambil tema "STQ meneguhkan Ukhuwah dan Menciptakan Harmoni Dalam Keagamaan" di Arena Terbuka Tiara Mini Batara, Sabtu (23/3) malam. 

STQ yang diikuti sembilan  kecamatan di Kabupaten Barito Utara, secara resmi dibuka oleh Bupati  Nadalsyah yang ditandai dengan penabuhan terbang dan dilanjutkan pengibaran bendera STQ.

Kemudian penyerahan Juara Umum STQ 2017 Kecamatan Teweh Baru kepada Bupati Barito Utara selanjutnya diserahkan kepada Ketua Panitia STQ ke-50 untuk diperebutkan pada gelaran STQ yang akan diperlombakan nantinya.

Bupati Nadalsyah menyampaikan melalui STQ yang digelar diharapkan agar Al-Qur'an senantiasa diakrabi, dipelajari, dipahami dan diamalkan serta tumbuh minat yang tinggi untuk mendalami Al-Qur'an sebagai pedoman hidup.

 
Bupati H Nadalsyah menyerahkan piala bergilir STQ kepada Ketua Panitia H Aspul Anwar di Muara Teweh, Sabtu malam. (Foto Dinas Kominfo dan Persandian Barut)
"Hubungan silaturahim agar semakin akrab dan semakin terjaga dengan baik antar sesama umat muslim maupun dengan non muslim," kata Nadalsyah. 

Semoga lembaga pengembangan tilawatil Qur'an baik di tingkat kecamatan maupun kabupaten dapat membina dan mengkader para qari/qariah yang berprestasi secara mandiri, sehingga dapat mengirimkan qari/qariah yang baru pada setiap penyelenggaraan musabaqoh baik tingkat nasional maupun internasional.

"Saya atas nama pemerintah Kabupaten Barito Utara mengucapkan terimakasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya atas segala usaha yang telah dilakukan oleh LPTQ membawa harum Bumi Iya Mulik Bengkang Turan, harapan kedepannya prestasi tersebut bisa mendunia" ujar Nadalsyah.

Ketua Panitia STQ H Aspul Anwar menyampaikan bahwa gelaran STQ ke-50 melombakan 7 cabang yakni Cabang Tilawah Al-Qur'an, Fahmil Qur'an, Syarhil Qur'an, Tartil Qur'an, Qiraat Sab'ah, Khat (Kaligrafi) Qur'an, dan Musabaqoh Makalah Al-Qur'an. 

Untuk tempat pelaksanaan dibagi dalam 8 tempat yakni Aula Kantor LPTQ, Aula Bappedalitbang, Mesjid Jami Baiturrahim, Arena Mini Tiara Batara, Stadion Swakarya, Aula Dinas Kesehatan, Aula Kecamatan Teweh Tengah dan Aula MTsN Barito Utara. 

Sedangkan pemondokan para kafilah ditampung di rumah-rumah para masyarakat. 

"Pemenang dari STQ nantinya akan diikutsertakan pada gelaran tingkat Provinsi Kalimantan Tengah di Palangka Raya," kata dia.

Kepala Kantor Kementerian Agama Barito Utara  H Tuaini dalam sambutannya menyampaikan pesan secara singkat kepada seluruh kontingen agar bertanding dengan penuh sportivitas. 

Acara pembukaan STQ ke-50 Tingkat Kabupaten Barito Utara yang dihadiri oleh  Wakil Bupati Sugianto Panala Putra, Sekretaris Daerah H Jainal Abidin dan pejabat lainya serta tokoh agama dan tokoh masyarakat, para kafilah dan undangan lainnya ditutup oleh Tausiyah dari Ustadz Faiz dari Jakarta. 

Baca juga: Ribuan peserta ikuti pawai taaruf STQ Barito Utara

Baca juga: Barito Utara siap gelar STQ tingkat kabupaten

Baca juga: Musda LPTQ Barito Utara diharapkan tingkatkan prestasi qori

 

Pewarta :
Uploader : Admin 1
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar