Umat Hindu Kotim berkomitmen sukseskan pemilu serentak 2019

id Umat Hindu Kotim berkomitmen sukseskan pemilu serentak 2019,Bupati,Kotawaringin Timur,Supian Hadi,Sampit

Bupati H Supian Hadi bersama tokoh agama dan umat Hindu mendeklarasikan komitmen ikut menyukseskan pemilu serentak 2019. (Foto Istimewa)

Sampit (ANTARA) - Umat Hindu di Kabupaten Kotawaringin Timur Kalimantan Tengah, menggelar perayaan Hari Raya Nyepi, sekaligus mendeklarasikan komitmen untuk turut menyukseskan pemilu serentak pada 17 April nanti 2019.

"Umat Hindu melalui pengabdian kepada bangsa dan negara, ingin menyukseskan pemilu. Ini sesuai dorongan agama," kata Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat Hindu Kementerian Agama Republik Indonesia Prof I Ketut Widya di Sampit, Minggu.

Penegasan itu disampaikan Ketut Widya usai menghadiri Dharma Shanti Simakrama Umat Hindu dalam rangka perayaan Hari Raya Nyepi Tahun Baru Saka 1941 oleh Umat Hindu yang ada di Kotawaringin Timur. Acara yang digelar di Gedung Serbaguna Sampit itu diikuti sekitar 800 peserta dan dihadiri Bupati H Supian Hadi.

Acara juga diisi pembacaan deklarasi komitmen dukungan untuk turut serta menyukseskan pemilu. Nuansa kebangsaan makin terasa karena selain menggunakan udeng atau ikat kepala khas Bali, peserta juga mengikat pita merah putih di kepala mereka.

Dharma Shanti ini mengambil tema "Melalui catur brata penyepian, kita sukseskan pemilu 2019". Tema ini dinilai sangat relevan dengan situasi bangsa Indonesia saat ini yang sedang melaksanakan pesta demokrasi.

Ketut Widya mengajak umat Hindu di Kotawaringin Timur untuk beramai-ramai datang ke tempat pemungutan suara atau TPS untuk menggunakan hak pilih dengan baik pada 17 April nanti. Umat dipersilakan menggunakan hak pilih sesuai dengan pilihan dan hati nurani masing-masing.

"Jangan golput. Jangan tidak memilih. Umat Hindu harus menjadi yang terdepan dalam ikut menyelesaikan masalah-masalah kebangsaan yang dihadapi bangsa ini," tegas Ketut Widya.

Ketut Widya juga menyampaikan terima kasihnya kepada Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur atas fasilitas dan kemudahan-kemudahan sehingga Dharma Shanti terlaksana semarak. Dia mengajak umat Hindu menjalankan ajaran-ajaran agama Hindu dengan baik dan menjalin sinergitas dengan pemerintah daerah.

Bupati H Supian Hadi mengapresiasi dukungan umat Hindu terhadap pemerintah daerah selama ini. Hal itu pulalah yang membuatnya sengaja hadir dalam acara tersebut.

"Umat Hindu turut memberikan sumbangsih terhadap pembangunan Kotawaringin Timur sehingga tidak salah jika pemerintah juga memberi perhatian serius melalui pembinaan, pembangunan rumah ibadah dan lainnya," kata Supian.

Supian berharap kerjasama yang baik selama ini bisa dipertahankan dan ditingkatkan sehingga Kotawaringin Timur bisa lebih maju. Dukungan seluruh elemen masyarakat sangat penting dalam pembangunan daerah dan negara ini.

Pewarta :
Uploader : Admin 2
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar