Pemkab Bartim optimis raih WTP

id Pemerintah kabupaten barito timur,Pemkab bartim,Wakil bupati bartim,Wajar tanpa pengecualian,Wtp,Lkpd 2018,Habib said abdul saleh,Bpk ri perwakilan ka

Pemkab Bartim optimis raih WTP

​​​​​​​Wakil Bupati Bartim Habib Said Abdul Saleh (kanan) menyerahkan LKPD 2018 unaudited kepada Kepala BPK RI Perwakilan Kalteng Ade Irwan Ruswana di Palangka Raya beberapa waktu lalu. (Foto Istimewa)

Tamiang Layang (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Barito Timur Kalimantan Tengah optimis, bisa meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Tahun Anggaran 2018 yang telah diserahkan kepada Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI Perwakilan Kalteng.

"Kami optimis bisa meraih WTP dari BPK RI Perwakilan Kalteng atas LKPD Tahun Anggaran 2018," kata Wakil Bupati Bartim Habib Said Abdul Saleh saat dihubungi dari Tamiang Layang, Minggu.

Dalam upaya meraih WTP, pihaknya selalu berkoordinasi secara aktif dengan BPK RI Perwakilan Kalteng. Hal ini untuk mewujudkan pengelolaan keuangan daerah yang bersih, transparan dan akuntabel.

Selain itu, optimisme tersebut bisa dinilai dengan pelaksanaan sistem keuangan yang lebih baik, penerapan transaksi non tunai dan pengelolaan keuangan yang terintegrasi.

Saleh menerangkan, penyerahan LKPD TA 2018 merupakan sebuah kewajiban bagi pemerintah daerah sebagaimana Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2004 tentang Perbendaharaan Daerah.

"Penyerahan LKPD TA 2018 kepada BPK RI Perwakilan Kalteng secara simbolis bersamaan dengan Pemkab Barito Utara, Kapuas, Kotawaringin Barat, Kotawaringin Timur dan Gunung Mas," terangnya.

Dalam LKPD tersebut disertakan Laporan Realisasi Anggaran (LRA), neraca, Laporan Operasional (LO), Laporan Arus Kas (LAK), Laporan Perubahan Sisa Anggaran Lebih, Laporan Perubahan Ekuitas (LPE) serta catatan atas laporan keuangan.

Setelah penyerahan, BPK RI Perwakilan Kalteng akan melakukan pemeriksaan selama 30 hari lamanya. Paling lambat 60 hari kedepan akan disampaikan laporan hasil pemeriksaan atas LKPD 2018 tersebut.

Saleh berharap seluruh kepala organisasi perangkat daerah (OPD) bekerja dengan sebaik-baiknya dan mengacu pada ketentuan peraturan yang berlaku.

"Kami mengucapkan terimakasih dan memberikan apresiasi kepada seluruh kepala OPD beserta jajaran yang telah bekerja maksimal," ungkapnya.

Ia juga mengingatkan agar seluruh kepala OPD dan jajaran menyediakan data-data yang diperlukan Tim BPK RI dalam pemeriksaan nantinya.