Pengganti Fictor Gideon Roring melatih timnas

id wahyu hidayat,timnas basket indonesia, tim nasional bola basket putra Indonesia di SEA Games 2019,mundurnya Fictor Gideon Roring dari kursi pelatih ke

Pengganti Fictor Gideon Roring melatih timnas

Pelatih satu tim nasional (timnas) basket putra Indonesia, Fictor Roring, memberi instruksi kepada para pemainnya. (ANTARA)

Bandung (ANTARA) - Wahyu Widayat Jati bakal jadi nakhoda baru tim nasional bola basket putra Indonesia di SEA Games 2019, menyusul mundurnya Fictor Gideon Roring dari kursi pelatih kepala.

Hal itu dikonfirmasi Manajer Timnas Basket Putra, Fareza Tamrella, meski belum ada surat keputusan (SK) resmi dari Pengurus Pusat Persatuan Bola Basket Indonesia (PP Perbasi) terkait hal tersebut.

"Sesuai dengan hasil rapat Perbasi dan Badan Tim Nasional (BTN) kemungkinan besar akan ditunjuk dia," kata Fareza saat dihubungi dari Bandung, Minggu malam.

Menurut Fareza saat ini seluruh pihak terlibat masih menyelesaikan kesepakatan untuk penunjukkan pelatih yang akrab disapa Coach Cacing itu.

Salah satu hal yang dinegosiasikan adalah mengenai kesepakatan apakah Wahyu masih diperbolehkan untuk menangani timnya saat ini, NSH Jakarta, ketika menduduki kursi pelatih kepala Timnas Basket Putra.

"Hal ini masih dinegosiasikan oleh seluruh pihak," kata Fareza.

Wahyu, saat ini masih memiliki kontrak hingga 31 Agusuts 2019 bersama NSH.

Pihak NSH tentu tertarik untuk memperjakan kembali Wahyu, mengingat ia telah menciptakan sejarah bagi tim tersebut yakni lolos ke fase playoff IBL 2018-2019 yang merupakan catatan pertama mereka.

Di bawah arahan Wahyu, NSH tampil menjadi kuda hitam dan memucuki klasemen akhir musim reguler Divisi Merah dengan catatan 12 kemenangan dan enam kekalahan (12-6).

Sayangnya, langkah NSH terhenti di babak semifinal usai menelan kekalahan 1-2 dari Satria Muda Pertamina Jakarta.

Pun demikian, atas capaiannya tersebut Wahyu dinobatkan sebagai Pelatih Terbaik IBl 2018-2019.

Wahyu sebelumnya juga pernah menangani Timnas Basket Putra pada SEA Games 2017, di mana mereka meraih medali perak.