TNI-Polri tingkatkan sinergitas amankan pemilu di Kalteng

id TNI-Polri tingkatkan sinergitas amankan pemilu di Kalteng,Pemilu,Kapolda Kalteng ,Anang Revandoko

TNI-Polri tingkatkan sinergitas amankan pemilu di Kalteng

Kapolda Kalteng Irjen Anang Revandoko menerima potongan tumpeng usai menjadi inspektur peringatan HUT ke-45 Korem 102/Panju Panjung dan HUT ke-60 Batalyon Infanteri Raider 631 Antang di Sampit, Senin (25/3/2019). (Foto Antara Kalteng/Norjani)

Sampit (ANTARA) - Keamanan dan kelancaran pemilu serentak 2019 menjadi prioritas bersama Korem 102/Panju Panjung dan Polda Kalimantan tengah sehingga kedua kesatuan ini terus meningkatkan sinergitas untuk memperkuat pengamanan wilayah.

"Seluruh jajaran Polda dan Korem harus terus bersama-sama memperkuat sinergitas untuk menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat, khususnya untuk mengawal agar pemilu berjalan aman, lancar, jujur dan adil," kata Kapolda Irjen Anang Revandoko di Sampit, Senin.

Pesan itu disampaikan Anang saat menjadi inspektur upacara peringatan Hari Ulang Tahun ke-45 Korem 102/Panju Panjung dan Hari Ulang Tahun ke-60 Batalyon Infanteri Raider 631 Antang di Sampit. Turut hadir Wakil Bupati HM Taufiq Mukri dan pejabat lainnya.

Anang menegaskan, setiap instansi seperti TNI, Polri, Komisi Pemilihan umum, Badan Pengawas Pemilu, pemerintah daerah dan instansi lainnya sudah memiliki tugas pokok dan fungsi masing-masing. Namun koordinasi dan sinergitas antarinstansi sangat penting karena kesuksesan pemilu merupakan tanggung jawab bersama.

Dalam hal menjaga keamanan, TNI dan Polri memiliki peran strategis dalam menciptakan keamanan dan ketertiban masyarakat. Namun semua itu hanya bisa diwujudkan dengan peran serta seluruh lapisan masyarakat.

Tugas TNI dan Polri diakui semakin berat akibat perubahan-perubahan yang terjadi di masyarakat. Untuk itu sangat penting bagi setiap personel untuk terus meningkatkan kemampuan dan menjaga kekompakan.

Anang mengajak seluruh jajaran Polda dan Korem untuk memperkuat soliditas internal dan eksternal. Dengan begitu, semua pihak selalu bisa menghadapi ancaman dan potensi gangguan yang mungkin datang.

"Kita harus memiliki profesionalitas tinggi, peka dan tanggap terhadap perubahan di masyarakat sehingga bisa dengan cepat mengantisipasi dampak buruk perubahan-perubahan itu," ujar Anang.

Wakil Bupati HM Taufiq Mukri mengaku bangga atas kekompakan TNI-Polri dan didukung masyarakat. Persatuan dan kesatuan itu penting agar berbagai bentuk ancaman dan gangguan bisa dihadapi serta diselesaikan bersama.

"Ini lambang bahwa kita mampu menyatukan seluruh elemen masyarakat. Semoga persatuan dan kesatuan tetap terjaga, dipelopori TNI dan Polri. Semoga daerah kita selalu aman dan tenteram sehingga kita dapat melaksanakan pesta demokrasi dengan aman dan lancar," demikian Taufiq.