Gubernur Kalteng ingin bangun gedung perpustakaan di lokasi strategis

id provinsi kalimantan tengah,kalteng,gubernur kalteng,sugianto sabran,perpustakaan kalteng

Gubernur Kalteng ingin bangun gedung perpustakaan di lokasi strategis

Gubernur Kalteng Sugianto Sabran (kiri) mengadakan rapat mendadak dengan Dispursip Kalteng di perpustakaan Kalteng di jalan AIS Nasution Kota Palangka Raya, Selasa (26/3/2019). (Foto MMC Kalteng)

Palangka Raya (ANTARA) - Gubernur Kalimantan Tengah Sugianto Sabran berkeinginan membangun gedung perpustakaan baru di sejumlah lokasi strategis, agar masyarakat termotivasi untuk datang dan membaca buku.

Keinginan tersebut disampaikan Sugianto saat melakukan inspeksi mendadak ke Dinas Perpustakaan dan Arsip (Dispursip) Provinsi Kalteng, sekaligus gedung perpustakaan gedung perpustakaan yang berada di jalan AIS Nasution Kota Palangka Raya, Selasa.

"Saya minta Dispursip Kalteng segera mengusulkan pembangunan gedung Perpustakaan baru di beberapa titik strategis. Saya ingin perpustakaan juga memberikan pelayanan yang maksimal kepada masyarakat," ucapnya.

Orang nomor satu di provinsi berjuluk Bumi Tambun Bungai-Bumi Pancasila itu juga menginginkan, pelayanan maupun sarana dan prasarana perpustakaan yang ada saat ini lebih ditingkatkan.

Dia mengatakan keberadaan buku sangat penting dalam meningkatkan wawasan sekaligus merangsang masyarakat untuk meningkatkan perekonomiannya. Sebab, di dalam buku ada banyak hal yang bisa diketahui oleh masyarakat.

Baca juga: Pemprov Kalteng tingkatkan akses dan mutu pelayanan kesehatan

"Jadi, saya menginginkan agar pelayanan, sarana dan prasarana perpustakaan milik Pemerintah Provinsi Kalteng bisa semakin baik. Masyarakat pun antusian datang dan membaca buku," kata Sugianto.

Terpisah, Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian dan Statistik (Diskominfosantik) Kalteng Herson B Aden mengatakan, bapak Gubernur Sugianto Sabran selalu melakukan monitoring dan evaluasi terhadap semua layanan kepada masyarakat.

"Beliau memang menginginkan agar seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) harus memberikan pelayanan yang terbaik bagi masyarakat Kalteng. Jadi, sidak merupakan rutinitas bapak Gubernur," kata Herson.

Dia menambahkan bahwa Gubernur Kalteng Sugianto Sabran sangat peduli terhadap segala aspek layanan masyarakat, termasuk keberadaan perpustakaan yang memang penting dalam mencerdaskan anak-anak di provinsi ini.

"Hal itu lah yang mendasari Gubernur Kalteng menginginkan gedung perpustakan milik Pemprov perlu dioptimalkan, sehingga yang berkunjung merasa nyaman karena merasa sudah sangat lengkap dan sangat memadai," demikian Herson.

Baca juga: Meski berat, Gubernur ingin Kalteng Putra juarai Piala Presiden 2019