Teweh Tengah juara umum STQ 2019

id teweh tengah juara stq 2019,stq barito utara ke-50,stq kalteng,bupati nadalsyah,sekda jainal abidin

Teweh Tengah juara umum STQ  2019

Sekda H Jainal Abidin menyerahan piala juara umum STQ ke-50 kepada ketua kafilah Teweh Tengah H Jimmy Carter di arena terbuka Tiara Batara Muara Teweh, Selasa (26/3/2019) malam. (Istimewa)

Muara Teweh (ANTARA) - Kafilah Kecamatan Teweh Tengah berhasil meraih juara umum pada Seleksi Tilawatil Quran (STQ) ke-50 tingkat Kabupaten Barito Utaramenggeser Kecamatan Teweh Baru sebagai juara bertahan pada STQ sebelumnya.
    
STQ  yang digelar 23-26 Maret 2019 ini ditutup oleh Bupati Barito Utara H Nadalsyah melalui Sekretaris Daerah  H Jainal Abidin  di arena Tiara Batara Muara Teweh, Selasa (26/3) malam.

Dibawah pimpinan Ketua kafilah H Jimmy Carter dan Camat Teweh Tengah H Hery Jhon Setiawan, kafilah Teweh Tengah berhasil meraih 66 poin, jauh diatas Teweh Timur yang menjadi peringkat kedua dengan 43 poin, sedangkan juara umum STQ ke 49 Kecamatan Teweh Baru meraih 31 poin dengan menduduki peringkat ketiga. Urutan selanjutnya, Kecamatan Lahei, Montallat, Gunung Purei, Lahei Barat, Teweh Selatan dan terakhir Kecamatan Gunung Timang.

Bupati Barito Utara H Nadalsyah dalam sambutan tertulisnya yang disampaikan Sekda  Jainal Abidin mengatakan agar ajang STQ dapat menjadi acuan untuk generasi mendatang dalam menumbuhkan semangat membaca dan mempelajari Al-Quran serta dijadikan pedoman hidup dalam menghadapi era globalisasi bagi umat Islam terutama untuk anak-anak dan generasi muda millenial sebagai penerus perjuangan bangsa. 

"Marilah kita jadikan momentum STQ ke-50  yang diikuti sembilan kecamatan tahun  ini menjadi era kebangkitan generasi milenial Qurani di Bumi Iya Mulik Bengkang Turan," kata Sekda mambacakan sambutan Bupati Nadalsyah.

Pada kesempatan itu juga Bupati mengapresiasi terhadap kinerja pengurus LPTQ Barito Utara, panitia STQ, serta jajaran dewan hakim atas terselenggaranya kegiatan ini dengan baik dan lancar. 

"Kami berharap melalui penilaian dewan hakim yang sangat objektif akan melahirkan Qori-Qoriah, Hafiz dan Hafizah, Khat dan Khattatah terbaik Kabupaten Barito Utara yang dapat mengukir prestasi gemilang pada Event Seleksi Tilawatil Quran tingkat Provinsi Kalimantan Tengah di Kota Palangka Raya," katanya.

Sementara Ketua panitia pelaksana  H Aspul Anwar menyampaikan ucapan terima kasih atas bantuan serta dukungan dari Bupati Barito Utara H Nadalsyah, serta seluruh unsur pimpinan lingkup Pemkab Barito Utara, perangkat daerah serta seluruh pihak yang mensukseskan terselenggaranya STQ ke-50 ini. 

Hal ini diakuinya dari kafilah-kafilah yang dominan mengaku puas atas segala pelayanan dalam ajang ini. 

"Kami mengucapkan terima kasih atas partisipasi dari seluruh peserta dari 9 kafilah kecamatan se Kabupaten Barito Utara, selamat jalan semoga selamat sampai tujuan," kata Aspul.

Kegiatan penutupan yang ditutup dengan penurunan bendera STQ ini dihadiri oleh Wakil Ketua II DPRD H Acep Tion, beserta anggota DPRD, unsur FKPD, para kepala perangkat daerah lingkup Pemkab Barito Utara, dan para kafilah serta undangan lainnya.