Bupati Barito Utara minta masyarakat sukseskan Pemilu 2019

id rakornas pemantapan pemilu 2019,bupati barito utara hadiri rakornas pemilu,bupati nadalsyah

Bupati Barito Utara minta masyarakat sukseskan Pemilu 2019

Bupati H Nadalsyah (keempat dari kanan) dan sejumlah kepala daerah di Kalteng mengikuti Rakornas Bidang Kewaspadaan Nasional dalam rangka Pemantapan Penyelenggaraan Pemilu Serentak 2019 di Jakarta, Rabu (27/3/2019). (FOTO Dinas Kominfo dan Persandian Barito Utara)

Jakarta (ANTARA) - Bupati Barito Utara, Kalimantan Tengah, Nadalsyah mengimbau seluruh masyarakat di daerah ini untuk turut serta mendukung dan menyukseskan Pemilu Serentak 2019  dengan menggunakan hak pilihnya.
 
Kabupaten Barito Utara siap menyukseskan gelaran Pemilu serentak yang dilaksanakan pada 17 April 2019, kata Bupai Nadalsyah disela-sela mengikuti rapat kerja nasional (Rakornas) Bidang Kewaspadaan Nasional dalam rangka Pemantapan Penyelenggaraan Pemilu Serentak  2019 di Jakarta,  Rabu.

"Saat ini, saya sudah memerintahkan kepada Kepala Perangkat Daerah agar membacakan Ikrar Pernyataan Sikap ASN pada saat apel di lingkup instansinya masing-masing," tambahnya.

Kita semua bersaudara, kata Nadalsyah, jangan sampai perbedaan pilihan menyebabkan timbulnya hal-hal yang tidak diinginkan. Terlebih, pada pemilu serentak nanti, akan ada lima pilihan yakni Anggota DPRD Kabupaten, Anggota DPRD Provinsi, Anggota DPRD RI, Anggota DPD dan pilihan Presiden dan Wakil Presiden. 

"Tetap jaga kesatuan dan persatuan, khusus untuk para ASN jagalah netralitas kalian," kata Nadalsyah.

Rakornas yang digelar oleh Kementerian Dalam Negeri dibuka secara resmi oleh Menkopolhukam Wiranto serta dihadiri oleh sejumlah kepala daerah diantaranya DKI Jakarta,  Banten, Jawa Barat, Jawa Timur, Jawa Tengah, DI Yogyakarta, Bali, NTB, NTT, dan kepala daerah se-Kalimantan beserta Kaban Kesbangpol dan unsur Forkopimda. 

Selain Bupati Nadalsyah dari Kabupaten Barito Utara turut dihadiri oleh Ketua DPRD  Set Enus Y Mebas dan Kepala Kejaksaan Negeri Basrulnas.

Dalam rakornas dipaparkan materi "Fasilitasi Pemerintah Daerah dalam Penyelenggaraan Pemilu 2019" oleh Menteri Dalam Negeri, "Peran TNI dalam mensukseskan Pemilu Serentak Tahun 2019" oleh Panglima TNI, "Potensi Kerawanan dari Perspektif Kepolisian dalam Penyelenggaraan Pemilu 2019" oleh Kapolri, dan "Potensi Kerawanan dari Perspektif Kejaksaan Agung dalam Penyelenggaraan Pemilu 2019" oleh Jaksa Agung. 

Rakornas ditutup dengan pemaparan materi dan diskusi dari Kepala BSSN, Ketua KPU, Ketua Bawaslu, dan Dirjen Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kemendagri.