BUMDes di Barito Utara siap memasarkan buah melon

id tanaman melon di barito utara,bumdes pasarkan melon di trinsing,melon ditanam di ahan persawahan

BUMDes di Barito Utara siap memasarkan buah melon

Warga Desa Trising Kecamatan Teweh Selatan menanam buah melon dilahan persawahan. (Istimewa)

Muara Teweh (ANTARA) - Kepala Desa Trinsing Kecamatan Teweh Selatan  Kabupaten Barito Utara, Kalimantan Tengah, Heri Mansupardi mengatakan pihaknya melalui Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) siap memasarkan buah melon hasil panen milik para petani  desa setempat yang di tanam di lahan persawahan. 

"Untuk membantu para petani diwilayahnya, BUMDes Trinsing akan diarahkan untuk memasarkan hasil produksi pertanian di Desa Trinsing. Untuk mempermudah para petani memasarkan hasil pertaniannya, rencana kita nantinya akan menggunakan BUMDes. Jadi BUMDes nantinya yang akan membeli hasil panen para petani dan menjualnya ke pasaran,” kata Kades Trinsing, Heri Mansupardi, Rabu.

Menurut Heri, saat ini sudah ada produksi pertanian di wilayahnya yang berhasil serta memperoleh hasil hingga puluhan juta. Untuk itu dia juga ini mengimbau kepada warganya, untuk mempergunakan lahan yang dimiliki untuk lahan pertanian, dari pada lahan tersebut tidak memberikan menghasilan.

"Pertanian buah melon yang dilakukan Mahrudin (Gilang), ini ternyata menjadi motivasi bagi warga setempat untuk mengikuti jejaknya untuk bertani buah melon," katanya.

Selain Mahrudin juga ada Muhtadi di Desa Trinsing, serta dua orang lagi warga  Dusun Transbangdep yang informasinya tertarik menanam buah melon. Untuk di Desa Trinsing penanaman buah melon dilakukan di lahan persawahan, untuk lokasi tanamam Mahrudin dan Muhtadi tepat bersebelahan.

"Tanaman buah melon di Desa Trinsing ini sudah mulai di minati oleh warga lainnya. Kita dari Pemerintahan Desa tentu sangat mendukung hal ini.Dalam APBDes tahun ini, selain menganggarkan pembangunan infrastruktur juga dianggarkan dana untuk pembinaan para petani," ujarnya.

Sementara itu, Mahrudin menyambut baik ada warga lainnya yang juga tertarik untuk menanam buah melon. Diapun siap nantinya jika ada warga yang meminta diajarkan dalam melaksanakan pertanian buah melon ini. 

"Saya siap membantu warga dalam memberitahukan cara-cara dalam melaksanakan pertanian melon ini, sebatas apa yang saya ketahui,” ucapnya.

Kepala Dinas Pertanian Barito Utara Setia Budi mengatakan pertanian buah melon ini merupakan program baru dari Dinas Pertanian setempat, karena selama ini baru terdengar adanya tanaman melon yang berhasil berbuah banyak yang dibudiayakan oleh petani. 

"Dalam melaksanakan pertanian buah melon ini, sistem yang digunakan adalah dengan tetas air. Alhamdulillah hasilnya memuaskan," kata dia.

Tanaman buah melon di Desa Trinsing ini ada dua jenis yakni melon madu dengan kulit warna kuning dan melon hijau.Karena pertanian buah melon ini berhasil sebut Setia Budi, rencananya kedepan untuk luas wilayah tanam akan ditambah. 

"Rencananya petani akan memanfaatkan lahan persawahan, sebab tanaman ini memerlukan banyak air," ujar Budi.