DPRD Sukamara berikan rekomendasi terhadap LKPJ tahun anggaran 2018

id DPRD Kabupaten Sukamara,laporan keterangan pertanggungjawaban,LKPJ,RPJMD

Ketua DPRD Sukamara Eddy Alrusnadi saat menandatangani nota kesepahaman terkait rekomendasi dan catatan strategis atas LKPJ tahun anggaran 2018 (Foto Antara Kalteng/Gusti Jainal)

Sukamara (ANTARA) - DPRD Kabupaten Sukamara, Kalimantan Tengah memberikan rekomendasi serta catatan strategis terhadap Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) pemerintah kabupaten tahun anggaran 2018.

"LKPJ yang dibuat itu masih kurang menggambarkan arah kebijakan dan prioritas pembangunan daerah, seperti yang tertuang dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) 2013-2018," kata Anggota DPRD Sukamara Hadi Rahman di Sukamara, Rabu.

Pihaknya juga mengkritisi LKPJ itu, karena dalam penyusunannya tidak menampilkan neraca keuangan daerah, sehingga tak terlihat dan terbaca berapa nilai aset yang dimiliki. Akibatnya tidak dapat dilakukan pengecekan kesesuaian dengan APBD tahun anggaran 2018.

Pihaknya berharap rekomendasi maupun catatan strategis tersebut menjadi landasan perbaikan, sehingga kesepakatan bersama dalam penyelenggaraan pembangunan nantinya bisa tercapai.

"Kami harapkan ini menjadi momentum perbaikan bagi semua pihak, khususnya pemerintah kabupaten agar dapat meminimalisir setiap kesalahan di masa yang akan datang," jelasnya.

Rekomendasi maupun catatan strategis tersebut, berisikan masukan dan koreksi yang tentunya bukan sekadar catatan. Untuk itu hendaknya digunakan dan dimanfaatkan sebaik mungkin guna dilakukannya perbaikan.

Selama ini legislatif dan eksekutif selalu bersinergi dalam melaksanakan pembangunan, diharapkan kedepan sinergitas antara keduanya lebih ditingkatkan lagi, sehingga arah pembangunan sesuai target yang ingin dicapai oleh pemerintah melalui visi dan misinya.

"Tanpa adanya sinergitas antara legislatif maupun eksekutif, maka pembangunan yang diimpikan semua pihak tidak akan bisa terwujud," ungkapnya.

Pewarta :
Uploader : Admin 4
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar