Ini solusi BPK RI terkait permasalahan aset Pemkot dan Pemprov Kalteng

id Ini solusi BPK RI terkait permasalahan aset Pemkot dan Pemprov Kalteng, BPK RI perwakilan Kalteng,permasalahan aset Pemkot dan Pemprov Kalteng,wali ko

Ini solusi BPK RI terkait permasalahan aset Pemkot dan Pemprov Kalteng

Kepala BPK RI perwakilan Kalteng Ade Iwan Ruswana (kiri) didampingi Wali Kota Palangka Raya Fairid Naparin saat melakukan jumpa pers usai pihak pemkot menyerahkan laporan keuangan tahun anggaran 2018, Rabu (27/3/19). (Foto Antara Kalteng/Adi Wibowo).

Palangka Raya (ANTARA) - Kepala Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia perwakilan Kalimantan Tengah Ade Iwan Ruswana mengatakan, bahwa permasalahan aset Pemerintah Kota Palangka Raya dan Pemerintah Provinsi apabila tidak diselesaikan tentunya akan menjadi permasalahan dikemudian hari bagi dua instansi terkait. 

"Solusi dalam permasalahan tersebut yakni adalah hanya masalah komunikasi saja, kalau sudah dikomunikasikan tentunya ada hasil yang baik antara dua instansi terkait," kata Ade usai acara penyerahan laporan keuangan Pemerintah Kota Palangka Raya tahun anggran 2018 kepada BPK perwakilan RI Kalteng, Rabu. 

Ia menyebutkan, meski pemkot setempat sudah mendapatkan opini Wajar Tanpa Pengecualian sebanyak dua kali dalam laporan keuangan. Pihaknya menyarankan sebaiknya aset baik milik pemkot atau pemprov setempat segera dihibahkan. 

Apabila sudah dihibahkan berdasarkan surat atau legalitas yang jelas, tentunya dalam pencatatan laporan keuangan nantinya aman dan tidak akan menimbulkan permasalahan yang seharusnya wajib di selesaikan. 

"Untuk aset mungkin solusinya seperti itu. Sedangkan untuk laporan keuangan pemkot setempat saya berharap penyerahannya baisa lebih cepat lagi, agar tim segera melakukan pemeriksaan sesuai dengan jadwal yang sudah ditentukan," bebernya. 

Di tempat yang sama, Wali Kota Palangka Raya Fairid Naparin menegaskan, dengan adanya permasalahan aset bangunan atau tanah milik pemkot, pihaknya akan segera berkoordinasi dengan pemprov setempat untuk membahas permasalahan tersebut, agar semuanya bisa selesai. 

"Saya akan komunikasikan secepatnya mengenai permasalahan aset ini dengan pihak pemprov, semoga saja bisa secepatnya selesai," tandas Fairid.

Selanjutnya pihaknya juga akan menekankan kepada instansi terkait di pemkot agar tidak lagi terlambat menyerahkan laporan keuangan pemkot kepada pihak BPK RI perwakilan Kalteng. 

"Saya akan berusaha dan selalu mengingatkan instansi yang menyusun laporan keuangan secepatnya agar bisa tepat waktu sesuai dengan apa yang diarahkan pihak BPK RI perwakilan Kalteng," demikian Fairid Naparin.

Pewarta :
Uploader : Ronny
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar