Barito Utara gelar lomba bercerita tingkat SD/MI

id lomba bercerita tingkat sd barito utara,dinas kearsipan dan perpustakaan barito utara,lomba bercerita barut

Barito Utara gelar lomba bercerita tingkat SD/MI

Kepala Dinas Siptaka Barito Utara Edi Nugroho foto bersama usai pembukaan lomba lomba bercerita tingkat SD/MI di aula Kecamatan Teweh Tengah, Kamis (28/3/2019). (Istimewa)

Muara Teweh (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Barito Utara melalui Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (Siptaka) setempat menggelar lomba bercerita tingkat SD/MI tingkat kabupaten 2019.

Lomba bercerita ini diikuti oleh puluhan peserta di tingkat SD/MI dalam kota Muara Teweh dan dibuka oleh Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Barito Utara Edy Nugroho di aula Kecamatan Teweh Tengah Muara Teweh, Kamis. 

Bupati Barito Utara H Nadalsyah dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan oleh Kepala Dinas Siptaka Edi Nugroho mengatakan bahwa membaca merupakan unsur penting dalam pendidikan, baik bersifat formal maupun non formal yang harus tetap dijaga dan ditingkatkan esensinya melalui berbagai upaya pembinaan dan pengembangan kegemaran membaca.

Menurutnya, pembudayaan kegemaran membaca ini lebih mudah ditanamkan pada anak sedini mungkin dan berlanjut secara terus menerus. Sama dengan agar upaya meningkatkan kegemaran membaca dikalangan generasi muda mendapatkan hasil yang optimal.

"Maka kegemaran membaca harus dipupuk dan digiatkan secara serentak dan terpadu dengan mengoptimalkan seluruh potensi sumber daya perpustakaan yang ada di sekolah maupun di kabupaten atau daerah," katanya.

Edi menjelaskan, berdasarkan data tentang minat baca (literasi) yang diteliti oleh program Fot International Student Assesment (PISA) menunjukan Indonesia berada di rangking 62 dari 72 negara yang disurvey. 

"Yang berarti Indonesia berada di urutan 10 paling rendah dalam masalah minat baca," ucapnya.

Dia mengatakan bahwa lomba ini dilaksanakan dalam rangka menumbuhkembangkan kegemaran membaca ditingkat siswa dan siswi SD/MI melalui berbagai bacaan dan media untuk menanamkan cinta kebudayaan bangsa, persatuan dan kesatuan serta menarik minat baca anak tentang buku-buku cerita daerah.

"Selamat bertanding kepada seluruh peserta yang mengikuti lomba bercerita, dan jaga sikap sportivitas, disiplin, santun antar sesama peserta dalam rangka memperkokoh silaturahmi antar sesama peserta. Harapan kedepan kegiatan seperti ini akan terus berlanjut untuk agar tercipta SDM yang berkualitas sedini mungkin," kata Edi mengakhiri sambutan bupati.