Dinsos kumpulkan 1.000 relawan perkuat jaringan kerja se-Kalteng

id provinsi kalimantan tengah,kalteng,dinsos kalteng,kepala dinsos kalteng,Suhaemi

Dinsos kumpulkan 1.000 relawan perkuat jaringan kerja se-Kalteng

Kepala Dinas Sosial kalteng Suhaemi (kiri) memimpin apel kemah pemantapan sumber daya manusia (SDM) bidang perlindungan dan jaminan sosial Provinsi Kalimantan tengah tahun 2019 di Bumi Perkemahan Kambariat Tuah Pahoe Palangka Raya, Minggu (31/319). (Foto Istimewa).

Palangka Raya (ANTARA) - Dinas Sosial Provinsi Kalimantan Tengah mengumpulkan 1.000 relawan yang ada di setiap kabupaten atau kota yang ada di provinsi setempat, untuk bertujuan memperkuat jaringan sistem kerja yang sudah dilakukan selama ini.

Dikumpulkannya para relawan binaan itu tidak lain untuk memperkuat jaringan antar setiap kabupaten/kota yang ada di provinsi ini, kata Kepala Dinas Sosial Kalteng Suhaemi di Palangka Raya, Senin.

"Hal itu juga wajib dilakukan agar jaringan mereka tidak terputus saat menjalankan tugasnya," tambahnya.

Dikatakan, 1.000 relawan yang tergabung dari berbagai organisasi seperti Pelopor Perdamaian, Tagana serta beberapa relawan lainnya di kumpulkan di Bumi Perkemahan Kambariat Tuah Pahoe mengikuti kegiatan Kemah Pemantapan Sumber Daya Manusia (SDM) Bidang Perlindungan dan Jaminan Sosial provinsi Kalimantan Tengah tahun 2019. 

Suhaemi mengatakan acara tersebut dilaksanakan selama tiga hari, di sana mereka sembari memperkuat jaringan mereka juga saling bertukar informasi mengenai pengalaman apa yang pernah mereka lakukan untuk masyarakat saat terjadi bencana alam di daerahnya masing-masing. 

"Selain memperkuat ilmu yang mereka miliki, ini juga menjadi ajang silaturahmi antar berbgai relawan yang binaan Dinasos Kalteng untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat saat terjadi bencana," ucapnya. 

Sekretaris Dinsos Kalteng Budi Santoso menambahkan, tujuan kemah pemantaapan tersebut selain memperkuat jaringan juga melakukan konsolidasi serta menyamakan persepsi sesama relawan meski berbeda organisasinya. 

Kemudian di kumpulkannya para relawan tersebut itu juga untuk memperkuat jaringan sumber daya manusia dalam memberikan jaminan sosial kepada masyarakat di provinsi setempat. 

"Mengenai kinerja mereka dalam menjalankan tugasnya di lapangan sudah tidak lagi diragukan, apabila terjadi bencana alam di daerahnya. Bahkan sewaktu-waktu mereka juga siap memberikan bantuan tenaga dan pikiran terdapat daerah kabupaten lain yang terkena bencana alam," kata Budi.

Ia menambahkan, semoga dengan adanya kegiatan tersebut niat Dinsos Kalteng dalam menambah ilmu para relawan dalam menangani permasalahan sosial di wilayahnya masing-masing, bisa diterapkan dengan baik. 

"Jadi masyarakat merasa terbantu dengan keberadaan mereka yang sifatnya tidak pernah pamrih apabila membantu masyarakat yang terkena bencana alam," demikian Budi.