BPOM intensifkan pemeriksaan kualitas makanan

id BPOM intensifkan pemeriksaan kualitas makanan,BPOM Kupang

BPOM intensifkan pemeriksaan kualitas makanan

Badan POM (BPOM) (id.wikipedia.org)

Kupang (ANTARA) - Balai Pengawas Obat dan Makanan mengintensifkan pemeriksaan kualitas makanan di rumah makan dan restoran di Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur, guna melindungi masyarakat dari makanan yang mengandung zat berbahaya.

Kepala Balai Pengawas Obar dan Makanan (BPOM) Kupang, Sem Lapik di Kupang, Kamis mengatakan, para petugas BPOM Kupang secara rutin melakukan pemeriksaan terhadap kualitas makanan yang dijual para pedagang makanan guna mendeteksi adanya zat-zat berbahaya pada makanan.

Ia mengatakan hal itu terkait adanya dugaan penggunaan zat formalin pada makanan yang dikonsumsi warga Kota Kupang.

"Kami secara rutin melakukan pemeriksaan di rumah makanan di Kota Kupang untuk memastikan kulitas makanan yang dijual kepada publik layak sehat atau tidak, sehingga warga Kota Kupang mengkonsumsi makanan yang bebas dari kandungan zat berbahaya," tegas Sem.

Dikatakanya, pemeriksaan sampel makanan yang dilakukan petugas BPOM berlangsung ditempat dan disaksikan langsung pemilik warung.

"Kami melakukan pemeriksaan sample tahap awal langsung disaksikan pemilik rumah makan sehingga tidak ada kecurigaan adanya rekayasa hasil pemeriksaan," tegas Sem.

Ia mengatakan, setelah pemeriksaan tahap pertama akan diikuti dengan pemeriksaan tahap kedua pada laboratorium menggunakan alat sensitif dalam mendeteksi zat berbahaya dalam makanan.

"Pada saat itulah kami bisa menyimpulkan ada tidaknya kandungan berbahaya dalam makanan yang dijual," tegasnya.