Perkiraan meluncurnya iPhone 5G

id iphone 5g,apple,Perkiraan meluncurnya iPhone 5G

Perkiraan meluncurnya iPhone 5G

Ilustrasi iphone (pixabay)

Jakarta (ANTARA) - Apple belum menunjukkan tanda-tanda mereka akan membuat iPhone yang mendukung jaringan 5G pada 2020 dan berbanding terbalik dengan Samsung dan Huawei yang mencoba menghadirkan ponsel 5G secepat mungkin.

Analis dari UBS Timothy Arcuri, seperti dilansir Phone Arena, memprediksi pabrikan asal California itu akan mengeluarkan iPhone versi 5G pada 2021. Faktor utama keterlambatan Apple bermain di ponsel 5G, lanjut Arcuri, menyusul kelangkaan pasokan chipset.

Dalam skenario pengadaan modem 5G, Apple memiliki opsi lima pemasok yang dapat memberikan modem untuk iPhone.

Apple telah bermitra dengan Intel untuk kebutuhan modem di iPhone terbaru, iPhone XS dan XR. Sayangnya, Intel juga belum membuat modem 5G sampai saat ini.

Intel akan meluncurkan modem 5G perdana pada semester pertama 2020. Arcuri meyakini Intel akan meleset dari target sehingga Apple harus puas dengan 4G LTE pada 2020.

Sementara itu, Qualcomm sudah memproduksi modem 5G untuk ponsel dan akan dipasang di ponsel-ponsel unggulan. Apple semula memakai chipset buatan Qualcomm sebelum mereka berseteru soal pelanggaran paten.

Qualcomm menolak chip mereka dipakai di iPhone XS dan XR sejak 2018. Perang paten itu masih akan berlanjut dan peluang iPhone 2020 akan memakai modem dari Qualcomm sangat kecil.

Apple sebetulnya masih bisa berharap pada Samsung. Apalagi, raksasa dari Korea Selatan itu juga memasok panel OLED untuk iPhone.

Namun, Samsung juga berambisi menjadi pemain awal dalam segmen ponsel 5G sehingga modem 5G mereka ditujukan bagi ponsel mereka sendiri.

Samsung sudah menyediakan Galaxy S10 dalam versi 5G dan dalam waktu dekat akan meluncur di sejumlah negara. Seri flagship berikutnya, Galaxy Note 10 juga diperkirakan akan tersedia versi 5G.

Pemasok modem 5G lainnya adalah Huawei. Tapi, Amerika Serikat sedang perang dagang dengan China. Pemerintah AS juga mencurigai Huawei sebagai mata-mata untuk pemerintah China.

Pemasok chip lainnya MediaTek yang tidak pernah digunakan Apple karena chipset itu tidak standard bagi iPhone.

 Apple sempat dikabarkan sedang mengembangkan modem 5G sendiri meskipun belum ada konfirmasi tentang kabar tersebut. Modem 5G Apple diperkirakan meluncur pada 2021.