PKK harus memberikan karya nyata membantu masyarakat Kalteng

id PKK harus memberikan karya nyata membantu masyarakat Kalteng,PKK Kalteng ,Yulistra Ivo Sugianto sabran,Sampit

Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Kalimantan Tengah Yulistra Ivo Sugianto Sabran ikut senam minum air putih bersama puluhan murid TK di ikon Jelawat Sampit, Kamis (4/4/2019). (Foto Antara Kalteng/Norjani)

Sampit (ANTARA) - Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Kalimantan Tengah Yulistra Ivo Sugianto Sabran mengajak seluruh anggotanya untuk meningkatkan peran dan karya nyata dalam membantu pemerintah daerah dan masyarakat di berbagai bidang.

"Saya berharap kita bisa terus meningkatkan kinerja PKK dengan karya nyata dan bekerja tanpa pamrih. Kita tingkatkan daya kreativitas dan keselarasan dalam membantu masyarakat," kata Ivo di Sampit, Kamis.

Harapan itu diungkapkan Ivo saat pencanangan Bulan Bakti Gotong Royong Masyarakat ke-16, Hari Kesatuan Gerak PKK ke-47 dan Hari Keluarga Nasional ke-26 tingkat Provinsi Kalimantan Tengah yang dipusatkan di ikon Jelawat Sampit.

Sesuai kapasitasnya, Ivo menyoroti perkembangan gerakan PKK di seluruh kabupaten dan kota. Dia mengapresiasi upaya-upaya yang dilakukan Tim Penggerak PKK kabupaten dan kota hingga di tingkat desa yang terus aktif membantu masyarakat.

Peraturan Presiden Nomor 99/2017 tentang Gerakan Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK) merupakan bentuk apresiasi pemerintah terhadap gerakan PKK.

Kepercayaan besar pemerintah tersebut harus menjadi pemacu kerelawanan keluarga besar PKK untuk berbuat lebih besar lagi untuk membantu pemerintah dan masyarakat.

Program yang dijalankan PKK harus sejalan dan bersinergi dengan pemerintah, khususnya pemerintah daerah. Tujuannya agar dapat mendukung program yang dijalankan pemerintah untuk memberdayakan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui pemberdayaan keluarga.

"Kegiatan PKK mengiringi dan mendukung garis kerja pemerintah. Jadi apa yang dijalankan PKK harus merujuk pada program pemerintah," tambah Ivo.

Sebelum acara dimulai, perempuan yang juga Bunda Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Kalimantan Tengah ini berbaur dengan puluhan murid Taman Kanak-Kanak yang menampilkan senam ceria bertema minum air. Senam ini sekaligus mengampanyekan kepada masyarakat untuk banyak minum air putih supaya sehat.

Tidak sekadar gerakan, di akhir senam ceria yang disaksikan Gubernur Sugianto Sabran tersebut, Ivo ikut minum air putih bersama puluhan murid yang berasal dari berbagai Taman Kanak-Kanak di Kabupaten Kotawaringin Timur.

Sementara itu, Direktur Jenderal Kerjasama Pendidikan dan Kependudukan BKKBN RI Ahmad Taufik mengatakan, keluarga mempunyai peran penting dalam pembinaan anak. Tim Penggerak PKK mempunyai peran strategis dalam membina dan mengarahkan keluarga.

"Tim Penggerak PKK diharapkan meningkatkan perannya di masyarakat, khususnya di lingkungan keluarga masing-masing. Semua berawal dari lingkungan keluarga. Keluarga juga sangat besar pengaruhnya terhadap tumbuh kembang anak," demikian Taufik.


Pewarta :
Uploader : Admin 2
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar