Dapat akreditasi madya, Puskesmas Tewah diminta terus tingkatkan kinerja

id dprd kabupaten gunung mas,gumas,Ketua DPRD Gumas,Gumer,Puskesmas Tewah

Dapat akreditasi madya, Puskesmas Tewah diminta terus tingkatkan kinerja

Ketua DPRD Kabupaten Gunung Mas Gumer. (Foto Antara Kalteng/Chandra)

Kuala Kurun, Gunung Mas (ANTARA) - Ketua DPRD Kabupaten Gunung Mas, Kalimantan Tengah Gumer berharap Akreditasi Madya yang diterima Puskesmas Tewah, dapat membuat kinerja dan melayani masyarakat dapat lebih maksimal.

"Pertama-tama saya memberikan apresiasi kepada Puskesmas Tewah yang mendapat akreditasi madya. Saya harap itu akan memacu mereka untuk meningkatkan kinerja dan melayani masyarakat dengan maksimal,” kata Gumer saat dibincangi di Kuala Kurun, Kamis.

Dia mengatakan, apa yang diraih oleh Puskesmas Tewah, dalam hal ini akreditasi madya, patut mendapat apresiasi, mengingat sebelumnya di kabupaten bermotto Habangkalan Penyang Karuhei Tatau baru Puskesmas Kuala Kurun yang mendapat akreditas madya.

Politisi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI P) ini berpesan kepada Puskesmas Tewah untuk tidak cepat berpuas diri, serta tetap meningkatkan kinerja dan pelayanan kepada masyarakat, sehingga kedepan akreditasi yang diraih dapat meningkat.

Legislator yang berasal dari daerah pemilihan III yang meliputi Kecamatan Tewah, Kahayan Hulu Utara, Miri Manasa, dan Damang Batu ini juga meminta kepada puskesmas lain agar menjadikan Puskesmas Tewah dan Puskesmas Kuala Kurun sebagai tolak ukur.

"Saya berharap kedepan puskesmas lain yang masih mendapat akreditasi dasar atau bahkan belum terakreditasi juga dapat mendapat akreditasi madya, seperti apa yang dicapai oleh Puskesmas Tewah dan Puskesmas Kuala Kurun," kata Gumer.

Baca juga: CPNS dari luar Gumas didesak urus pindah domisili

Sebelumnya, Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Gumas Barkiah menyampaikan bahwa Puskesmas Tewah mendapat penilaian akreditasi madya dari Komisi Akreditasi Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.

Sejauh ini, dari 17 puskesmas yang ada di Kabupaten Gumas, tersisa tiga puskesmas yang belum terakreditasi, yakni Puskesmas Tewang Pajangan, Tumbang Lapan, dan Tumbang Mahuroi. Pihaknya menargetkan ketiga puskesmas dapat terakreditasi pada tahun ini.

Secara umum, dari 14 puskesmas yang telah terakreditasi di wilayah setempat, 12 puskesmas mendapat akreditasi dasar dan dua puskesmas yakni Tewah dan Kuala Kurun mendapat akreditasi madya.

“Akreditasi puskesmas ada empat tingkatan yakni dasar, madya, utama, dan paripurna. Paripurna itu yang paling tinggi. Jadi jangan berpuas diri, terus tingkatkan kinerja agar akreditasi puskesmas dapat naik tingkat hingga paripurna,” demikian Barkiah.

Baca juga: Masyarakat Gunung Mas diajak ikut berperan wujudkan pemilu damai