Pemkab Seruyan berkomitmen sukseskan program Germas

id Pemerintah Kabupaten Seruyan,kuala pembuang,wabup seruyan iswanti,Kementerian Kesehatan Republik Indonesia,Gerakan Masyarakat Hidup Sehat,germas,menin

Pemkab Seruyan berkomitmen sukseskan program Germas

Wakil Bupati Seruyan Iswanti (tengah) saat membuka rapat forum koordinasi lintas sektor pelaksanaan Germas tahun 2019 beberapa waktu lalu. (Foto Protokol Pemkab Seruyan)

Kuala Pembuang (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Seruyan, Kalimantan Tengah berkomitmen menyukseskan program yang dicanangkan oleh Kementerian Kesehatan Republik Indonesia yaitu Gerakan Masyarakat Hidup Sehat atau Germas.

"Penting bagi kita untuk bersama-sama menyukseskan program Germas, guna meningkatkan kualitas hidup yang dimiliki," kata Wakil Bupati Seruyan Iswanti di Kuala Pembuang, Kamis.

Bahkan keseriusan pihaknya untuk menyukseskan program Germas di Seruyan, ditunjukkan dengan penandatangan komitmen bersama pelaksanaan Germas tahun 2019 yang dilakukan beberapa waktu lalu.

Iswanti menjelaskan, Germas merupakan suatu tindakan sistematis dan terencana yang dilakukan secara bersama-sama oleh seluruh komponen bangsa dengan kesadaran, kemauan dan kemampuan berperilaku sehat untuk meningkatkan kualitas hidup.

"Pelaksanaan Germas harus dimulai dari diri sendiri dan lingkup yang paling kecil yakni keluarga. Sebab keluarga merupakan bagian terkecil dari masyarakat yang membentuk kepribadian," paparnya.

Berbagai cara untuk melakukan Germas, seperti aktivitas fisik, mengonsumsi sayur dan buah, tidak mengonsumsi alkohol, membersihkan lingkungan, memeriksakan kesehatan secara rutin dan lainnya.

Tentunya sejumlah kegiatan itu dapat diwujudkan oleh diri sendiri bersama keluarga, sehingga tidak perlu menunggu saat berkumpul bersama orang lain dalam jumlah banyak.

"Pemkab Seruyan pun rutin menggelar olahraga bersama, seperti senam yang seringkali dilaksanakan di halaman kantor bupati," ucapnya.

Tidak ada alasan bagi masyarakat atau siapapun untuk tidak bisa mewujudkan gaya hidup sehat. Ia meminta masyarakat untuk lebih peduli dan menyadari pentingnya menjaga kesehatan bagi diri sendiri.

Dinas Kesehatan pun telah diinstruksikan untuk meningkatkan sosialisasi tentang Germas kepada masyarakat, sehingga masyarakat bersedia dan semangat untuk meningkatkan kualitas hidup yang mereka miliki.