Pemkab Seruyan apresiasi capaian Desa Sukorejo di tingkat provinsi

id Pemerintah kabupaten seruyan,Pemkab seruyan,Wakil bupati seruyan,Iswanti,Bulan bakti gotong royong masyarakat,Bbgrm,Desa sukorejo,Kecamatan seruyan te

Pemkab Seruyan apresiasi capaian Desa Sukorejo di tingkat provinsi

(Dari kiri) Ketua TP PKK Seruyan Fauziah Yulhaidir, Kepala Desa Sukorejo dan Wakil Bupati Seruyan Iswanti memegang piala juara kedua lomba pasar desa terbaik pada BBGRM Kalteng. (Foto Protokol Pemkab Seruyan)

Kuala Pembuang (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Seruyan, Kalimantan Tengah mengapresiasi capaian prestasi yang berhasil diraih Desa Sukorejo, Kecamatan Seruyan Tengah pada pencanangan Bulan Bakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) tingkat provinsi yang digelar di Kotawaringin Timur baru-baru ini.

Wakil Bupati Seruyan Iswanti di Kuala Pembuang, Sabtu, menjelaskan Desa Sukorejo berhasil menjadi juara kedua lomba pasar desa terbaik sebagai proyek percontohan bagi desa-desa sekitarnya.

"Capaian ini tentu sangat membanggakan bagi kami dan masyarakat Seruyan pada umumnya. Semoga ini menjadi pelecut semangat pembangunan di desa-desa yang ada di Seruyan," ucapnya.

Pasar Desa Sukorejo yang mendapatkan prestasi tersebut, diharapkan benar-benar menjadi contoh pembangunan bagi desa lainnya. Tidak hanya dalam tahapan pembangunannya saja, namun juga meliputi tata kelola yang diterapkan oleh pihak desa.

Iswanti menyebut, agar hasil dari pembangunan sesuai dengan yang diharapkan dan berjalan secara maksimal, maka perlu penguatan terhadap tahap perencanaan yang dilakukan oleh berbagai pihak. Hal ini berlaku bagi tiap jenjang pemerintahan.

"Baik itu di lingkup pemerintah kabupaten, kecamatan maupun desa dan kelurahan, tahapan perencanaan merupakan bagian penting yang harus dilakukan secara matang," jelasnya.

Jika tahap perencanaan tidak dilakukan dengan baik, maka pelaksanaan kegiatannya pun akan sulit dilakukan secara optimal. Sebab perencanaan merupakan bagian penting sebagai fondasi awal sebuah kegiatan atau program pembangunan.

Iswanti menyebut semuanya harus berimbang, mulai dari tahap perencanaan, pengerjaan hingga pengelolaan. Sebab akan sia-sia apabila perencanaan dan pengerjaan dilakukan dengan baik, namun tidak diimbangi dengan pengelolaan yang dilakukan secara maksimal.

"Prestasi yang diraih Desa Sukorejo, berkat usaha yang gigih dan sungguh-sungguh dari pihak desa. Jika tidak disertai perencanaan, pengerjaan dan pengelolaan yang baik tentu capaian tersebut tidak akan bisa diraih," paparnya.