Pemkab bertekad wujudkan pemilu aman dan damai di Seruyan

id Pemkab seruyan,Pemerintah kabupaten seruyan,Sekda seruyan haryono,Pemilu aman dan damai,Kamtibmas,Kondusif,Pemilu serentak tahun 2019,Pemilu legislati

Pemkab bertekad wujudkan pemilu aman dan damai di Seruyan

Sekretaris Daerah Seruyan Haryono (kiri) saat mengecek kesiapan peralatan pengamanan pemilu serentak tahun 2019 beberapa waktu lalu. (Foto Protokol Pemkab Seruyan)

Kuala Pembuang (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Seruyan, Kalimantan Tengah bertekad mewujudkan pemilu serentak tahun 2019 yang aman dan damai serta bebas dari intimidasi terhadap hak untuk memilih maupun berdemokrasi.

"Kami bersama semua pihak terkait, baik TNI, Polres dan lainnya berkomitmen mewujudkan pemilu aman dan damai," kata Sekretaris Daerah Seruyan Haryono di Kuala Pembuang, Minggu.

Bahkan pada bulan lalu, telah dilaksanakan gelar pasukan pengamanan pemilu legislatif dan presiden tahun 2019 di Seruyan. Bertujuan untuk menjaga situasi keamanan dan ketertiban masyarakat yang kondusif.

Haryono menjelaskan, pemilu serentak tahun 2019 merupakan pesta demokrasi yang harusnya disambut dengan penuh suka cita, dalam menentukan wakil rakyat maupun kepala negara dengan bebas tanpa adanya intimidasi dari pihak manapun.

"Semua pihak diminta bertindak sesuai aturan yang berlaku, khususnya peserta pemilu agar tidak melakukan pelanggaran ataupun penyimpangan yang dapat mencederai arti dari demokrasi," ungkapnya.

Selain itu, semua pemangku kepentingan serta masyarakat diminta waspada dan selektif dalam menerima setiap informasi yang beredar. Apalagi jika informasi tersebut bersifat provokatif dengan menggunakan isu SARA.

Sebab bisa saja informasi tersebut palsu atau hoaks yang sengaja disebar oknum tidak bertanggung jawab, guna menciptakan keresahan, kepanikan dan perpecahan antara satu dan lainnya.

"Teliti dulu setiap informasi yang diterima dan pastikan sumber asalnya. Apalagi di media sosial, jangan asal meneruskan atau menyebarkan informasi yang belum dipastikan kebenarannya," jelasnya.

Haryono berharap, masyarakat di Seruyan tidak mudah terprovokasi oleh berbagai isu negatif. Selain itu, keharmonisan serta kerukunan yang telah terjalin baik selama ini, diminta terus dipelihara agar tidak mudah rusak.

Pewarta :
Uploader : Admin 4
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar