DPRD minta pemkab laksanakan sembilan prioritas pembangunan Kotim

id DPRD Kabupaten Kotawaringin Timur,dprd kotim,kotim,ketua dprd kotim,H Muhammad Jhon Krisli

DPRD minta pemkab laksanakan sembilan prioritas pembangunan Kotim

Ketua DPRD Kotawaringin Timur H Muhammad Jhon Krisli. (ist)

Sampit (ANTARA) - Ketua DPRD Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah Muhammad Jhon Krisli meminta pemerintah kabupaten setempat untuk melaksanakan sembilan  prioritas program pembangunan di tahun anggaran 2019 yang telah disepakati.

"Sembilan prioritas program pembangunan itu bukan hanya kesepakatan eksekutif dan legiasatif, tapi juga mengacu pada rencana pembangunan jangka menangah daerah (RPJMD) 2016-2021," kata Jhon di Sampit, Senin.

Adapun sembilan program pembangunan prioritas itu meliputi infrastruktur, peningkatan kualitas hidup masyarakat, tatakelola pemerintahan yang bersih demokratis dan terpercaya, ketahanan pangan, penguatan pemerintahan desa, pemberdayaan ekonomi.

Wakil rakyat Kabupaten Kotim itu juga mengatakan pemerintah daerah harus memprioritaskan program pembangunan pelestarian lingkungan hidup, penanggulangan bencana serta pariwisata dan pelestarian budaya.

"Program dan kegiatan yang diusulkan pun harus memenuhi kriteria yang menjadi prioritas. Pelaksanaan program pun hendaknya juga harus disesuaikan dengan kemampuan keuangan daerah sebagaimana pagu indikatif," kata Jhon.

Pembangunan seperti infrastruktur jalan dan jembatan harus menjadi perhatian serius pemerintah daerah guna membuka keterisolasian, disamping sektor pertanian, kesehatan dan pendidikan. Ini merupakan program wajib di 2019.

Dia mengatakan sesuai hasil kesepakatan antara DPRD dan tim anggaran pemerintah daerah (TAPD) telah mensepakati dan menetapkan APBD 2019, untuk pendapatan di tahun anggaran 2019 sebesar Rp1.850.333.575.377, dan belanja sebesar Rp1.933.598.586.269, sehingga terjadi devisit sebesar Rp83.265.010.892 atau sebesar 4,50 persen.

"Dibandingkan tahun sebelumnya, APBD 2019 mengalami peningkatan sebesar 1,09 persen, atau dari Rp1,7 triliun lebih menjadi Rp1,9 triliun lebih," terangnya.

Meski kenaikannya tidak terlalu besar, namun peningkatan tersebut terjadi setiap tahun, dan diharapkan anggaran yang tersedia dapat mengakomodir semua program yang telah ditetapkan.

"Saya berharap pada tahun yang akan datang, 2020 nanti APBD Kabupaten Kotawaringin Timur bisa mencapai Rp2 triliun lebih," demikian Jhon.