RSUD siap berikan rujukan pada caleg depresi

id RSUD Adjidarmo Rangkasbitung,caleg depresi,RSUD siap berikan rujukan pada caleg depresi

RSUD siap berikan rujukan pada caleg depresi

Ilustrasi - Seorang perawat merapihkan tempat tidur ruangan inap rumah sakit jiwa Mahoni Medan, Sumatera Utara, Kamis (17/1/2019). Rumah sakit tersebut siap menampung dan menyediakan ruangan khusus bagi caleg yang mengalami gangguan jiwa maupun depresi saat gagal dalam Pemilu Legislatif 2019. (ANTARA FOTO/SEPTIANDA PERDANA)

Lebak (ANTARA) - RSUD Adjidarmo Rangkasbitung, Banten, siap memberikan rujukan kepada pasien calon legislatif (caleg) yang mengalami depresi atau gangguan kejiwaan pascapelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) 2019
.
"Kita memang belum menyediakan ruang rawat inap bagi pasien depresi," kata Kepala Bagian Humas RSUD Adjidarmo Rangkasbitung Budi Kuswandi di Lebak, Selasa.

Selama ini, RSUD Adjidarmo Rangkasbitung belum memiliki sarana dan prasarana untuk ruang perawatan khusus bagi pasien yang mengalami depresi.
Kebanyakan pasien yang mengalami ganguan kejiwaan itu dilakukan rujukan ke Rumah Sakit Sumber Waras Grogol Jakarta Barat atau Rumah Sakit Cilendek, Kota Bogor.

Sebab, rumah sakit tersebut khusus untuk penanganan kejiwaan. "Jika kami menerima pasien caleg yang mengalami depresi kemungkinan dirujuk ke rumah sakit itu," katanya menjelaskan.

Menurut dia, berdasarkan pengalaman biasanya ada caleg yang mengalami depresi karena gagal menjadi anggota legislatif, waktunya setelah sepekan pemilu.

Namun, RSUD Adjidarmo Rangkasbitung tidak memberikan rujukan ke rumah sakit lain, jika kondisi pasien mengalami gangguan kejiwaan ringan. "Kita masih bisa menangani jika pasien depresi yang ringan karena terdapat seorang dokter kejiwaan di sini," katanya.

Berdasarkan data Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Lebak di daerah ini terdapat 535 orang calon tetap anggota DPRD kabupaten, terdiri dari 323 laki-laki dan 212 perempuan yang tersebar di enam daerah pemilihan.