Pencari kerja di Barito Selatan sekitar 5.912 orang, kata Disnakertrans

id kabupaten barito selatan,barsel,disnakertrans barsel,pencari kerja di barsel

Pencari kerja di Barito Selatan sekitar 5.912 orang, kata Disnakertrans

Pejabat fungsional pada Disnakertrans Barito Selatan Dedi Haryanto.(Foto Antarakalteng/Bayu Ilmiawan).

Buntok, Barito Selatan (ANTARA) - Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Barito Selatan, Kalimantan Tengah mencatat jumlah pencari kerja yang mngurus AK1 atau kartu kuning hingga Maret 2019 sekitar 5.912 orang.

"Dari jumlah tersebut 4.398 orang diantaranya laki-laki dan 1.514 orang perempuan, kata Pejabat fungsional pada Disnakertrans Kabupaten Barito Selatan Dedi Haryanto di Buntok, Selasa.

Jumlah penduduk di Kabupaten Barito Selayan hingga akhir tahun 2019 sebanyak 134.543 orang. Dari jumlah itu, 59.518 diantaranya masuk angkatan kerja, sudah bekerja sekitar 57.085 orang, dan belum mendapatkan pekerjaan 2.433 orang yang didominasi lulusan sarjana serta SMA.

Dia pun mengingatkan kepada perusahaan yang beroperasi di Kabupaten Barito Selatan agar melaporkan lowongan pekerjaan. Sebab, laporan adanya lowongan pekerjaan di setiap perusahaan wajib disampaikan kepada pemerintah. 

"Kami selalu mengirim surat ke perusahaan untuk meminta mereka melaporkan apabila ada lowongan atau penerimaan karyawan. Bupati Barito Selatan juga telah membuat surat imbauan kepada semua perusahaan untuk wajib melaporkan penerimaan karyawan," kata Dedi.

Baca juga: Ribuan peserta ikuti Pemilu Run di Barsel

Berdasarkan pasal 2 Keputusan Presiden nomor 4/1980 tentang wajib lapor lowongan pekerjaan, dan didalam Keppres tersebut dijelaskan bahwa setiap perusahaan wajib melaporkan secara tertulis ke instansi terkait apabila ada lowongan pekerjaan.

"Sesuai Keppres itu perusahaan harus menyampaikan berapa jumlah tenaga kerja, jenis pekerjaan beserta dengan persyaratan-persyaratan lainnya yang memang diperlukan.

Disnakertrans Barito Selatan pun terus mengingatkan perusahaan terkait wajib lapor lowongan pekerjaan tersebut kesetiap perusahaan, dan hingga saat ini ada beberapa perusahaan saja yang telah melaporkan apabila ada lowongan pekerjaan, sedangkan sebagian perusahaan lainnya lagi masih belum.

Ia berharap, kepada seluruh perusahaan di wilayah setempat yang belum melaporkan terkait informasi lowongan pekerjaan agar segera melaporkannya ke Disnakertrans Barito Selatan.

"Hal tersebut selain untuk mempermudah dalam penyebaran informasi kepada para pencari kerja dan selain itu juga untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan," demikian Dedi.

Baca juga: Perempuan di Barsel diberikan perhatian khusus oleh pemkab

Pewarta :
Uploader : Admin 3
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar