PBS di Kotim diminta mengutamakan masyarakat lokal dalam Sampit Job Fair

id Dprd kabupaten kotawaringin timur,Dprd kotim,Sinar kamala,Masyarakat lokal,Sampit job fair 2019,Perusahaan besar swasta,Pbs,Pengangguran

PBS di Kotim diminta mengutamakan masyarakat lokal dalam Sampit Job Fair

Ketua Fraksi Golkar DPRD Kotim Sinar Kamala. (Istimewa)

Sampit (ANTARA) - Ketua Fraksi Golkar DPRD Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah Sinar Kamala mengimbau masyarakat setempat yang mencari pekerjaan memanfaatkan Sampit Job Fair yang digelar pemerintah daerah secara maksimal.

"Acara yang digelar Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kotim tersebut, merupakan hasil kerja sama dengan sejumlah perusahaan besar swasta (PBS) di wilayah setempat," katanya di Sampit, Rabu.

Untuk itu, PBS diminta lebih mengutamankan masyarakat lokal dalam menerima pencari kerja nantinya. Bersama pemerintah daerah, sudah seharusnya PBS bersinergi mengatasi pengangguran.

Sinar menyebut, kegiatan tersebut merupakan peluang bagi putra-putri daerah yang mencari kerja karena di sana terdapat puluhan PBS yang membutuhkan karyawan baru.

Peluang-peluang seperti inilah yang pihaknya harapkan terus dilakukan pemerintah daerah, sehingga tingkat pengangguran bisa ditekan menjadi seminim mungkin. Kinerja Disnakertrans setempat yang menyelenggarakan Job Fair bekerjasama dengan PBS patut diapresiasi.

"Ini merupakan sebuah peluang dan untuk pertama kalinya ada di Kotim. Jadi pencari kerja utamanya masyarakat lokal harus memanfaatkan kesempatan tersebut," tegasnya.

Pelaksana Tugas Kepala Disnakertrans Kotim Heru Rio Wibisono mengatakan, sudah puluhan perusahaan yang ikut dalam Sampit Job Fair tersebut.

"Sampit Job Fair 2019 rencananya dilaksanakan di Citimall Sampit dan dibuka pada Kamis (11/4) pukul 18.30 WIB," ungkapnya.

Acara tersebut akan berlangsung selama tiga hari. Perusahaan yang menjadi peserta tidak hanya perusahaan perkebunan kelapa sawit, tetapi juga dari berbagai bidang lainnya.

Pihaknya tidak menyangka kegiatan ini disambut antusias perusahaan. Untuk itu, diharapkan kegiatan tersebut membawa manfaat bagi masyarakat, khususnya pencari kerja di Kotim.

"Masyarakat bisa langsung datang ke lokasi Sampit Job Fair dan melihat lowongan pekerjaan apa saja yang tersedia," paparnya.

Heru menjelaskan, kegiatan itu langsung mempertemukan pencari kerja dengan penyedia kerja. Harapannya agar pencari kerja mendapatkan pekerjaan yang diminatinya dan perusahaan juga bisa mendapatkan pekerja sesuai dengan kebutuhan mereka.

Pencari kerja bisa memilih jenis pekerjaan sesuai keahlian atau kemampuan yang dimiliki. Dengan begitu, nantinya bisa optimal dalam melaksanakan pekerjaan karena memang berkompeten di bidangnya.