Panwascam Teweh Tengah latih pengawas TPS

id panwascam teweh tengah,bawaslu barito utara,pengawas tps,latihan pengawasan tps barito utara

Panwascam Teweh Tengah latih pengawas TPS

Ketua Bawaslu Barito Utara H Alamsyah (berdiri) membuka kegiatan pelatihan pengawas TPS di Muara Teweh, Rabu (10/4/2019). (Istimewa)

Muara Teweh (ANTARA) - Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan Teweh Tengah Kabupaten Barto Utara menggelar pelatihan  tahap II guna memaksimalkan pengetahuan pengawas tempat pemungutan suara (PTPS) dalam melaksanakan tugas pengawasan pada Pemilu 2019.

Kegiatan ini sangat penting untuk dilakukan pengawasan saat pemungutan dan penghitungan suara agar tidak terjadi kesalahan dan kekeliruan maupun kecurangan, sehingga pelanggaran yang berpotensi menjadi sengketa pemilu dapat dicegah, kata Ketua Bawaslu Barito Utara  H Alamsyah membuka kegiatan di gedung Balai Antang Muara Teweh, Rabu.

"Tugas pengawas itu pertama mencegah kedua mengawasi ketiga menindak di TPS. Jadi pencegahan sangat perlu agar tidak terjadi kecurangan," tambahnya.

Menurut Alamsyah, dengan mengikuti kegiatan pelatihan ini diharapkan pengawas TPS dapat lebih memahami dan mengetahui tugas-tugasnya sehingga seluruh kegiatan di tempat pemungutan suara dapat berjalan lancar dan tertib.

Hal senada juga disampaikan Ketua Panwaslu Kecamatan Tengah Muhamad Nasution yang mengatakan bahwa pelatihan Pengawas TPS tahap II ini sesuai instruksi Bawaslu RI untuk memaksimalkan tugas dan wewenang para pengawas dalam pelaksanaannya sehingga tercapai Pemilu yang adil dan transparan.

Sebagaimana telah diatur dalam Pasal 114 Undang-undang nomor 7 tahun 2017 tentang Pemilu, sehingga semua proses persiapan pemungutan suara, pelaksanaan pemungutan suara, persiapan penghitungan suara, pelaksanaan penghitungan suara dan pergerakan hasil penghitungan suara dari TPS ke PPS.

"Selain itu diharapkan dengan pelatihan ini nantinya akan menjadi modal kuat bagi Pengawas TPS dilapangan serta bisa menjalin koordinasi dengan penyelengara pemilu setempat," ujar Tion panggilan akrabnya.