Musim ujian, tingkat kunjungan perpustakaan di Kalteng melonjak

id Dinas perpustakaan dan arsip kalteng,Perpustakaan daerah,Susana ria aden,Buku pelajaran,Musim ujian,Lonjakan pengunjung,ekonomi, hukum, pendidikan, ke

Musim ujian, tingkat kunjungan perpustakaan di Kalteng melonjak

Tampak sejumlah pelajar sedang berkunjung dan membaca di perpustakaan daerah, Palangka Raya, Rabu, (10/4/2019). (Foto Antara Kalteng/Muhammad Arif Hidayat)

Palangka Raya (ANTARA) - Pelaksanaan ujian di berbagai jenjang pendidikan saat ini, ternyata memberikan dampak positif terhadap tingkat kunjungan di perpustakaan daerah yang berada di Dinas Perpustakaan dan Arsip Kalimantan Tengah.

"Selama musim ujian kali ini, jumlah pengunjung mengalami peningkatan secara tajam, yaitu mencapai 25 persen dari hari biasanya," kata Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Kalteng Susana Ria Aden di Palangka Raya, Rabu.

Pengunjung yang datang didominasi oleh pelajar, baik dari tingkat SMA, SMP maupun SD sederajat. Rata-rata mereka sengaja ke perpustakaan daerah, untuk mematangkan persiapan menghadapi ujian.

Susana menjelaskan, rata-rata jumlah pengunjung mencapai hingga 300 orang per harinya. Adapun buku yang sering dicari yaitu, buku ekonomi, hukum, pendidikan, kesehatan serta teknologi informasi.

"Pengunjung mulai ramai datang sejak pukul 08.00 WIB, namun biasanya lonjakan terjadi saat siang hari yaitu pada saat jam pulang sekolah," tuturnya kepada Antara Kalteng.

Menurutnya apa yang dilakukan pelajar tersebut sangatlah tepat, sebab banyak buku yang tersedia di perpustakaan daerah dan dapat dimanfaatkan secara maksimal untuk mempersiapkan diri menghadapi ujian.

Selain lengkapnya ketersediaan buku, berbagai fasilitas serta suasana di perpustakaan daerah pun sangat nyaman dan tenang. Sehingga bagi mereka yang ingin belajar dengan baik, dapat melakukannya tanpa mengalami gangguan.

Salah seorang pelajar dari SMK Negeri 3 Palangka Raya Regina menjelaskan, ia bersama teman-temannya sengaja datang ke perpustakaan daerah, untuk mencari buku pelajaran yang diperlukan dan mempelajarinya secara mendalam.

"Selain banyaknya jenis buku yang bisa ditemukan disini, fasilitas yang tersedia saat ini pun cukup nyaman dan sangat menunjang bagi kami yang ingin belajar dengan nyaman tanpa adanya gangguan," ucapnya.

Ia mengaku meski saat ini ujian nasional maupun sekolah sudah selesai dilaksanakan, intensitas kunjungannya ke perpustakaan masih cukup tinggi. Sebab selanjutnya, ia bersama teman-temannya yang berada di kelas XII SMK sedang mempersiapkan diri menghadapi penerimaan mahasiswa baru.