Konsisten prioritaskan pekerja lokal, Musim Mas Group dukung penuh Sampit Job Fair 2019

id Konsisten prioritaskan pekerja lokal, Musim Mas Group dukung penuh Sampit Job Fair 2019,Sukajadi sawit mekar,Maju aneka sawit ,Globalindo Alam Perkasa

Konsisten prioritaskan pekerja lokal, Musim Mas Group dukung penuh Sampit Job Fair 2019

Wakil Bupati HM Taufiq Mukri dan dua pejabat Kementerian Tenaga Kerja berkunjung ke stan Musim Mas Group didampingi manajemen perusahaan saat pembukaan Sampit Job Fair 2019, Kamis (11/4/2019) malam. (Foto Antara Kalteng/Norjani)

Sampit (ANTARA) - Perkebunan besar swasta kelapa sawit Musim Mas Group yang beroperasi di Kabupaten Kotawaringin Timur Kalimantan Tengah, konsisten memprioritaskan warga lokal untuk direkrut bekerja di perusahaan mereka.

"Makanya kami sangat antusias mengikuti Sampit Job Fair 2019 ini supaya masyarakat tahu bahwa masih banyak lowongan pekerjaan di Kabupaten Kotawaringin Timur ini," kata Senior Manager Musim Mas Group Wilayah Kalimantan Tengah, T Kanna di Sampit, Kamis malam.

Sampit Job Fair 2019 dibuka Wakil Bupati HM Taufiq Mukri pada Kamis (11/4) malam. Bursa tenaga kerja yang digelar selama tiga hari ini diikuti 45 perusahaan, termasuk empat perusahaan perkebunan kelapa sawit yang bernaung di bawah bendera Musim Mas Group yaitu PT Sukajadi Sawit Mekar, PT Maju Aneka Sawit, PT Unggul Lestari dan PT Globalindo Alam Perkasa.

Pembukaan dihadiri Staf Ahli Kementerian Tenaga Kerja Republik Indonesia Ruslan Irianto Simbolon, Kasubdit Bursa Kerja Direktorat Penempatan Tenaga Kerja Dalam Negeri Kementerian Tenaga Kerja RI Timbul Panggabean dan Pelaksana Tugas Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Kotawaringin Timur Heru Rio Wibisono.

Stan Musim Mas Group termasuk salah satu stan yang banyak didatangi pengunjung. Bahkan sebelum acara dibuka secara resmi, sudah banyak pencari kerja yang datang bertanya dan mengisi formulir untuk mendaftar lowongan kerja yang disediakan di PT Sukajadi Sawit Mekar, PT Maju Aneka Sawit, PT Unggul Lestari dan PT Globalindo Alam Perkasa.

Pengunjung juga antusias melihat berbagai produk Musim Mas Group, seperti minyak goreng, sabun cair, sabun batangan, cairan pembersih lantai, pewangi, lilin dan lainnya. Sebagian pengunjung sangat ketika mendapat bingkisan beberapa produk tersebut.

Kanna mengatakan, selama ini Musim Mas Group, termasuk melalui empat perusahaannya yang beroperasi di Kotawaringin Timur selalu konsisten memprioritaskan tenaga kerja lokal. Setiap ada perekrutan, perusahaan selalu mengumumkan secara terbuka dengan harapan lowongan tersebut diisi oleh pencari kerja asal Kotawaringin Timur sendiri.

Jika tidak ada pelamar dari Kotawaringin Timur, barulah perusahaan mencari pekerja dengan kompetensi yang dibutuhkan tersebut dari luar daerah. Untuk merekrut pekerja dari luar daerah, perusahaan meminta bantuan Dinas  Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kotawaringin Timur untuk memfasilitasi perekrutan pekerja sesuai aturan yaitu dengan pola angkatan kerja antar daerah atau AKAD.

Musim Mas Group berkomitmen dan konsisten membantu pemerintah daerah dalam mengurangi angka pengangguran dengan cara mengoptimalkan penyerapan tenaga kerja lokal. Tujuannya agar angka kemiskinan di daerah ini terus menurun dan kesejahteraan masyarakat makin meningkat.

"Acara seperti ini harus sering digelar supaya membuka mata masyarakat kita bahwa masih ada lowongan pekerjaan di daerah kita ini. Dengan begitu, perusahaan juga mudah merekrut pekerja dan tidak perlu mendatangkan dari luar daerah," ujar Kanna.

Staf Ahli Kementerian Tenaga Kerja Republik Indonesia Ruslan Irianto Simbolon sangat mengapresiasi partisipasi Musim Mas Group dan perusahaan lainnya dalam Sampit Job Fair 2019. Ini salah satu bentuk keinginan kuat perusahaan berkontribusi terhadap daerah dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

"Saya sangat berterima kasih. Perusahaan peserta Sampit Job Fair 2019 ini sangat peduli dan konsisten dalam berkontribusi membantu masyarakat dan daerah ini," kata Irianto.
 

Dua penjaga stan Musim Mas Group dengan ramah melayani para pencari kerja yang bertanya seputar lowongan pekerjaan yang dibuka Musim Mas Group di Sampit Job Fair 2019 yang berlangsung 11 hingga 13 April 2019. (Foto Antara Kalteng/Norjani))

Wakil Bupati HM Taufiq Mukri saat berkunjung ke stan Musim Mas Group, menyampaikan rasa bangganya terhadap Musim Mas Group dan empat perusahaan yang dinaunginya yaitu PT Sukajadi Sawit Mekar, PT Maju Aneka Sawit, PT Unggul Lestari dan PT Globalindo Alam Perkasa.

"Ini bukti nyata bahwa Musim Mas Group dan anak perusahaannya konsisten dan berkomitmen untuk terus membantu masyarakat dan daerah Kotawaringin Timur. Terima kasih karena perusahaan telah banyak membantu dalam banyak hal," kata Taufiq.

Menurut Taufiq, peran dunia usaha sangat penting untuk membantu pemerintah membangun daerah dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Dia berharap peran aktif Musim Mas Group dan anak perusahaannya terus berlanjut untuk bersama-sama menciptakan kesejahteraan di daerah ini.

Pelaksana Tugas Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Kotawaringin Timur Heru Rio Wibisono mengatakan, partisipasi perusahaan, khusunya dalam Sampit Job Fair 2019 merupakan wujud kepedulian perusahaan terhadap pembangunan daerah dan nasib masyarakat di daerah ini.

"Kami sangat berterima kasih dan bangga atas partisipasi seluruh perusahaan dalam acara ini. Pelaksanaan acara ini sepenuhnya dibiayai konsorsium perusahaan sehingga sepeser pun kami tidak ada mengeluarkan biaya. Terpenting, acara ini wujud perusahaan memprioritaskan merekrut tenaga kerja lokal daerah ini," kata Heru.

Heru menambahkan, Sampit Job Fair rencananya akan kembali digelar September nanti. Dia berharap makin banyak perusahaan yang berpartisipasi sehingga acara ini dapat membantu mengurangi pengangguran di Kotawaringin Timur.