Polres dan KPU antisipasi gesekan di perbatasan Barito Timur

id Polres dan KPU antisipasi gesekan di perbatasan Barito Timur,Pemilu,Kapolres,Zulham Effendi

Polres dan KPU antisipasi gesekan di perbatasan Barito Timur

Kapolres Barito Timur AKBP Zulham Effendi (kedua dari kanan sepatu kuning) bersama jajaran melakukan pengecekan kesiapan kendaraan trail sebelum mengawal komisioner KPU Barito Timur menuju Desa Dambung, Kecamatan Dusun Tengah, Sabtu (13/4/2019). (Foto Antara Kalteng/Habibullah)

Tamiang Layang (ANTARA) - Kepolisian Resor Barito Timur, Kalimantan Tengah bersama Komisi Pemilihan Umum (KPU) setempat meninjau lokasi tempat pemungutan suara dan warga setempat selaku pemilih di Desa Dambung Kecamatan Dusun Tengah yang merupakan wilayah perbatasan dengan kabupaten lain di provinsi tetangga.

"Hari ini kami memastikan lokasi TPS di Desa Dambung aman dan kondusif. Kami juga menerangkan kepada masyarakat bahwa warga yang memiliki KTP elektronik Kabupaten Barito Timur bisa menggunakan hak pilihnya pada TPS yang sudah disediakan KPU Barito Timur," kata Kapolres Barito Timur AKBP Zulham Effendy di Tamiang Layang, Sabtu.

Zulham mengatakan, tugas utama kepolisian dalam pemilu 2019 yakni memastikan warga bisa menggunakan hak pilihnya dengan mendatangi TPS untuk mencoblos. Untuk itulah berbagai potensi gangguan harus dicegah dan diantisipasi.

Menurut Taruna Akpol tahun 2000 itu, pada Pilkada 2018 sempat terjadi gesekan di wilayah perbatasan wilayah antara Kabupaten Barito Timur dengan Kabupaten Tabalong, Kalimantan Selatan tersebut.

Gesekan tersebut berakhir kondusif tanpa ada gejolak maupun pertikaian. Namum, TPS Desa Dambung dianggap rawan karena jarak yang cukup jauh dengan kondisi geografis yang cukup susah dan langsung berbatasan dengan wilayah Tabalong Kalimantan Selatan.

Sesuai Peraturan KPU, bahwa warga yang memiliki KTP elektronik sesuai wilayahnya, memiliki hak untuk mencoblos sesuai wilayahnya. Jika memiliki KTP elektronik Kabupaten Barito Timur maka memiliki hak untuk memilih di wilayah Kabupaten Barito Timur sesuai alamat di KTP tersebut.

Ditegaskan Zulham, pihaknya akan menjamin keamanan warga, baik saat menuju TPS dan setelah mencoblos.

"Jika ada yang menghalangi maupun menghasut atau memaksakan pilihan, silakan laporkan ke kepolisian terdekat atau langsung ke Polres Barito Timur. Kami siap menindak yang bersangkutan sesuai ketentuan yang berlaku," tegasnya.

Zulham juga menegaskan, untuk TPS Dambung akan dikawal ketat dua anggota kepolisian dibantu aparat TNI dan Linmas. Jika ada oknum yang berupaya menggagalkan pemilihan maka akan berhadapan dengan petugas yang bisa langsung bertindak tegas dan terukur.

Ketua KPU Barito Timur Andy A Gandrung melalui Komisioner bidang sosialisasi pendidikan pemilih, partisipasi masyarakat dan sumber daya manusia, Zarmiyeni menerangkan, selain meninjau TPS tersebut, pihaknya juga melaksanakan sosialisasi kepada masyarakat setempat.

"Kami dari KPU juga mensosialisasikan tentang tata cara pencoblosan kepada warga. Sosialisasi yang dilaksanakan merupakan sosialisasi terakhir," kata wanita berhijab itu.

Di Desa Dambung Kecamatan Dusun Tengah terdapat 136 pemilih. Diharapkan pemilih yang sudah terdaftar maupun yang belum bisa menggunakan hak pilihnya dengan membawa KTP elektronik.


Pewarta :
Uploader : Admin 2
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar