Kodim Sampit bantu KPU Katingan distribusikan logistik pemilu

id Kodim Sampit bantu KPU Katingan distribusikan logistik pemilu,Pemilu,Sampit,Surat suara,Sumarlin marzuki

Kodim Sampit bantu KPU Katingan distribusikan logistik pemilu

Personel Koramil 1015-01/Pagatan ikut membantu pendistribusian logistik di Kecamatan Katingan Kuala dan Mendawai Kabupaten Katingan, Selasa (16/4/2019). (Foto Kodim Sampit)

Sampit (ANTARA) - Kodim 1015 Sampit Kabupaten Kotawaringin Timur Kalimantan Tengah melalui jajarannya di Koramil 1016-01/Pagatan, membantu Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Katingan dalam pengamanan dan pendistribusian logistik pemilu serentak 2019 ke desa-desa di Kecamatan Katingan Kuala dan Mendawai.

"Langkah ini kami lakukan menindaklanjuti adanya permintaan Ketua KPU Provinsi Kalteng kepada Pangdam XII/Tpr untuk membantu dalam pengamanan serta pendistribusian logistik pemilu. Dalam rangka menyukseskan Pemilu Legislatif dan Pemilihan Presiden 2019 yang akan dilaksanakan besok (Rabu)," kata Komandan Kodim 1015 Sampit, Letnan Kolonel Inf Sumarlin Marzuki di Sampit, Selasa.

Kodim 1015 Sampit bermarkas di Sampit Kabupaten Kotawaringin Timur, namun juga membawahi dua  kabupaten lain yaitu Katingan dan Seruyan. Untuk itulah semua personel yang ada diberdayakan untuk membantu masyarakat dan pemerintah daerah di tiga kabupaten tersebut.

Dalam pelaksanaan pemilu serentak ini, jajaran Kodim 1015 Sampit berupaya berbuat maksimal membantu, khususnya dalam hal pengamanan. Sumarlin memerintahkan seluruh personelnya berpartisipasi aktif dan terus berkoordinasi dengan KPU untuk membantu kelancaran pemilu.

Peran semua pihak dibutuhkan dalam membantu kelancaran pemilu. Terlebih, tiga kabupaten yang dibawahi Kodim 1015 Sampit memiliki wilayah yang sangat luas dan geografis yang cukup berat sehingga memerlukan kerjasama semua pihak untuk membantu kesuksesan pemilu serentak 2019.

Seperti yang dilakukan Koramil 1015-01/Pagatan dengan membantu mendistribusikan logistik pemilu ke desa-desa yang tidak bisa dicapai melalui jalan darat, di antaranya Desa Sebangau Jaya, Sungai Kaki, Katingan, Sungai Bulan serta Selat Bening.

"Desa-desa tersebut hanya bisa dilalui melalui jalur sungai dengan menggunakan longboat. Untuk itu perlu kehati-hatian agar logistik pemilu aman sampai ke tujuan dan tidak rusak," kata Sumarlin.

Pengamanan dan pendistribusian logistik pemilu ke sejumlah desa perairan tersebut dilakukan personel Koramil 1015-01/Pagatan bersama kepolisian serta dari petugas dari panitia pemungutan suara (PPS) masing-masing desa. Sumarlin bersyukur karena sejauh ini semua berjalan lancar.

Langkah yang sama juga dilakukan jajaran Kodim 1015 Sampit melalui Koramil di wilayah lainnya. Beratnya medan yang dilalui membuat personel TNI merasa wajib membantu pengamanan dan pendistribusian logistik pemilu.

Sumarlin menegaskan komitmen Kodim 1015 Sampit untuk menyukseskan pelaksanaan pemilu serentak 2019. Pihaknya akan terus meningkatkan sinergitas dengan kepolisian, KPU, pemerintah daerah dan lainnya demi kelancaran dan kesuksesan pemilu.