UKM di Palangka Raya raup keuntungan lebih saat pemilu

id Pelaku usaha,Usaha kecil menengah,Ukm,Palangka raya,Kalimantan tengah,Kalteng,Raup keuntungan atau laba,Pemilu serentak tahun 2019,Pemilu presiden,Pem

UKM di Palangka Raya raup keuntungan lebih saat pemilu

Pengelola Ant Republic Coffee David sedang menyiapkan kopi untuk disuguhkan kepada konsumen yang datang usai menyalurkan hak pilihnya di TPS, Palangka Raya, Rabu, (17/4/2019). (Foto Antara Kalteng/Muhammad Arif Hidayat)

Palangka Raya (ANTARA) - Sejumlah pelaku usaha kecil menengah (UKM) di Palangka Raya, Kalimantan Tengah memanfaatkan momen pemilu serentak tahun 2019 untuk meraup keuntungan yang lebih besar jika dibandingkan hari-hari biasanya.

Berdasarkan pantauan di lapangan pada Rabu (17/4), UKM yang banyak memanfaatkan peluang ini adalah para pemilik kedai kopi atau kafe. Salah satunya adalah Ant Republic Coffee yang berada di Jalan Suprapto.

"Banyak manfaat positif yang bisa kami dapatkan saat pemilu, diantaranya keuntungan atau laba yang lebih besar jika dibandingkan hari biasanya," kata Pengelola Ant Republic Coffee David di Palangka Raya, Rabu.

Khusus saat penyelenggaraan pemilu pada hari ini, pihaknya memberikan potongan harga kepada setiap pembelian produk yang mereka jual. Bahkan ada pula produk yang diberikan secara gratis dengan memenuhi syarat yang mereka tentukan.

Cara ini terbukti ampuh, dimulai dari tadi pagi sejak kafe dibuka, sudah ada belasan konsumen yang datang. Kebanyakan dari mereka mendapatkan potongan harga hingga produk secara gratis.

"Cukup dengan menunjukkan jari bertanda tinta, maka konsumen pun dapat menikmati produk olahan kami dengan kebijakan potongan harga," tuturnya.

Selain untuk meraup keuntungan yang lebih besar, pihaknya sengaja melakukan ini untuk berpartisipasi menyukseskan penyelenggaraan pesta demokrasi. Mereka ingin agar tingkat partisipasi pemilih meningkat, khususnya yang termasuk dalam kategori pemilih pemula.

Sama seperti Ant Republic Coffee, hal yang sama juga dilakukan oleh kedai kopi lainnya yaitu Kopi Cucu yang berada di Jalan Sisingamangaraja. Setiap pembelian produk di kedai ini, akan diberikan potongan harga sebesar 20 persen.

"Dampaknya sangat luar biasa, baru beberapa jam kedai kami buka pelanggan yang datang jumlahnya sudah mencapai 20 orang lebih," ucap Barista Kopi Cucu Rizky kepada Antara Kalteng.

Selain untuk meraup keuntungan lebih, momen ini juga pihaknya manfaatkan sebagai ajang promosi produk yang mereka miliki kepada masyarakat. Momen pemilu dianggap sebagai sarana yang tepat, sebab antusiasme masyarakat untuk memilih dinilai cukup tinggi.

Menanggapi apa yang telah dilakukan pelaku UKM di Palangka Raya tersebut, Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kalteng Lies Fahimah mengatakan, pihaknya mengapresiasi cara pelaku usaha dalam menangkap setiap peluang yang tersedia.

"Sudah seharusnya UKM yang ada di Kalteng bisa memanfaatkan setiap peluang secara maksimal. Baik untuk meningkatkan keuntungan yang didapat maupun sebagai ajang promosi terhadap produk yang dimiliki," terangnya.

Menurutnya, jika pelaku UKM ingin terus bertahan bahkan mengembangkan usahanya menjadi lebih besar, diperlukan kreativitas dan inovasi yang tiada henti dalam setiap waktunya.

Pewarta :
Uploader : Admin 4
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar