Parpol besar saling klaim memperoleh suara signifikan di Kotim

id Parpol besar saling klaim memperoleh suara signifikan di Kotim,Pemilu,Sampit,Kotawaringin Timur,Ary dewar,Rimbun,Joni Abdi

Parpol besar saling klaim memperoleh suara signifikan di Kotim

Sejumlah pimpinan partai politik di Kotim hadir saat deklarasi pemilu damai di Sampit, beberapa waktu lalu. (Foto Antara Kalteng/Norjani)

Sampit (ANTARA) - Sejumlah partai politik besar saling klaim memperoleh suara signifikan di Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah pada pemilu serentak 17 April 2019 lalu, meski penghitungan suara oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) masih berlangsung.

Sedikitnya ada empat partai politik yang mengklaim meraup suara terbanyak pada pemilu 2019, yakni PDI Perjuangan, Golkar, Demokrat dan Gerindra.

Seperti yang diungkapkan Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Gerindra Kotawaringin Timur, H Ary Dewar mengaku partainya berhasil merebut satu kursi di setiap daerah pemilihan pada lima daerah pemilihan yang ada di kabupaten itu.

"Kami optimistis satu calon legislatif di setiap dapil yang duduk di DPRD Kotawaringin Timur. Sekarang kami tinggal menunggu hasil rekapitulasi dari data formulir C1," tegasnya di Sampit, Jumat.

Ary Dewar memperkirakan, untuk dapil I dan II partainya akan mendapat empat kursi di DPRD nantinya. Dirinya optimistis karena sampai saat ini perolehan suara di dua dapil tersebut terus bertambah.

Dia menegaskan, jika dapil I dan II nantinya mendapatkan empat kursi, maka tidak menutup kemungkinan Partai Gerindra akan menduduki kursi pimpinan di DPRD Kotawaringin Timur.

Saat ini kursi pimpinan DPRD Kotawaringin Timur untuk ketua dijabat oleh wakil dari PDIP Perjuangan, sedangkan Wakil Ketua I diduduki legislator dari Partai Golkar dan Wakil Ketua II diduduki legislator dari Partai Demokrat. 

"Kita lihat saja nanti hasil akhirnya seperti apa. Dan kami akan terus mengawal proses penghitungan yang dilakukan KPU," ungkapnya.

Sementara itu, Sekretaris DPD Partai Golkar Kabupaten Kotawaringin Timur, Joni Abdi juga mengklaim kadernya mampu meraih suara maksimal, minimal untuk memperoleh tujuh kursi DPRD setempat.

Abdi memprediksi, tujuh kursi tersebut diperoleh dari dapil, I, II, IV dan V yang masing-masing memperoleh satu kursi. Untuk dapil III, dia optimistis partainya meraih tiga kursi.

"Kami optimistis akan tetap mempertahankan kursi pimpinan di DPRD Kotawaringin Timur dengan total perolehan tujuh kursi. Saya memprediksi partai politik yang berhasil menduduk kursi pimpinan di DPRD adalah Partai Golkar, PDI Perjuangan dan Partai Gerindra," jelasnya.

Begitu juga Ketua DPC PDI Perjuangan, Rimbun memastikan partai yang dipimpinnya itu mampu meraup suara terbanyak di semua daerah pemilihan dibandingkan dengan partai politik lainnya.

"Untuk dapil IV Kecamatan Telawang, Kota Besi, Cempaga, dan Cempaga Hulu mampu mendapatkan dua kursi. Untuk dapil IV PDI Perjuangan memiliki peluang besar meraih suara terbanyak dengan perolehan dua kursi," demikian Rimbun.