Perempuan Seruyan miliki banyak gagasan brilian untuk majukan daerah

id Pemkab seruyan, dprd seruyan, arita, hari kartini, kartini day, kesetaraan gender, emansipasi wanita, perempuan dan pembangunan, kuala pembuang

Perempuan Seruyan miliki banyak gagasan brilian untuk majukan daerah

Anggota DPRD Seruyan Arita (ist)

Kuala Pembuang (ANTARA) - Anggota DPRD Kabupaten Seruyan, Kalimantan Tengah Arita menjelaskan, kaum hawa atau perempuan masa kini sudah lebih berani dan tidak kalah bersaing dengan laki-laki untuk berkontribusi dalam pembangunan.

"Bahkan untuk wilayah Seruyan, cukup banyak ditemukan perempuan yang memiliki gagasan brilian guna memajukan daerah," katanya di Kuala Pembuang, Minggu.

Hal itu dilatarbelakangi peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM) perempuan serta keberanian untuk tampil dan bersaing tanpa melihat adanya perbedaan. Bahkan saat ini cukup banyak perempuan yang dipercaya dan memiliki jabatan strategis dalam berbagai bidang.

Arita menyebut, sebagai contoh nyata adalah ia beserta rekan perempuan lainnya yang dipercaya masyarakat untuk menjadi Anggota DPRD Seruyan. Kemudian jabatan wakil bupati yang diisi oleh perempuan serta jabatan-jabatan strategis lainnya.

"Ini sebagai bukti kaum hawa di Seruyan memiliki kualitas yang cukup mumpuni, sehingga dipercaya untuk mengisi jabatan strategis dan memiliki andil cukup besar dalam menentukan kemajuan daerah," jelasnya.

Arita menjelaskan, partisipasi perempuan dalam pembangunan sangatlah penting, sebab banyak dari mereka yang memiliki konsep maupun pemikiran yang bagus untuk dikembangkan. Tidak hanya perempuan yang berusia dewasa, perempuan dari generasi milenial pun kini kualitasnya semakin membaik.

Bahkan dirinya mengklaim, perempuan lebih mengerti keinginan serta kebutuhan masyarakat, sehingga konsep pembangunan yang dihadirkan diyakini lebih tajam dan lebih menyentuh. Mengingat perempuan dinilai memiliki kemampuan serta naluri yang lebih baik dalam memahami seseorang.

"Untuk itu sudah seharusnya perempuan diberikan kesempatan yang sama, untuk meningkatkan sumbangsihnya dalam pembangunan. Baik dalam pemerintahan ataupun bidang lainnya," jelas Arita.

Sementara itu ia juga menilai, penerapan kesetaraan gender dan pemahaman masyarakat di Seruyan tentang konsep tersebut, sudah cukup baik dan terus menunjukkan peningkatan. Diharapkan konsep ini semakin berkembang dan dipahami secara luas oleh masyarakat.