Wabup Kapuas minta jajarannya untuk komitmen laksanakan RPJMD

id Wabup Kapuas ,Muhammad Nafiah Ibnor ,Wabup Kapuas minta jajarannya untuk komitmen laksanakan RPJMD

Wabup Kapuas minta jajarannya untuk komitmen laksanakan RPJMD

Wakil Bupati Kapuas Kalimantan Tengah Nafiah Ibnor saat membuka kegiatan Sosialisasi dan Bimbingan Teknis (Bimtek) Implementasi e-Planning Sistem Informasi Manajemen Daerah (SIMDA) Perencanaan Kabupaten Kapuas tahun 2019 di Aula Kantor Bappeda, Senin (22/4/2019). (Foto Dinas Kominfo Kapuas)

Kuala Kapuas (ANTARA) - Wakil Bupati Kapuas Kalimantan Tengah H Muhammad Nafiah Ibnor meminta agar seluruh jajaran pemerintah daerah setempat dapat memahami tugas pokok dan fungsinya untuk menjabarkan visi-misi pembangunan daerah yang termuat dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) kabupaten tahun 2018-2023 sebagaimana ditetapkan dalam Perda nomor 6 tahun 2019, ke dalam rencana program dan kegiatan masing-masing perangkat daerah baik Rentsra maupun Renja.

"Terkait target capaian juga, saya minta agar diperhatikan karena target capaian program dan target hasil (outcome) dapat dicapai tidak semata-mata oleh satu perangkat daerah, tapi melalui sinergi program dan kegiatan antar perangkat daerah," kata Nafiah Ibnor dalam sambutannya pada pembukaan pelaksanaan Sosialisasi dan Bimbingan Teknis (Bimtek) Implementasi e-Planning Sistem Informasi Manajemen Daerah (SIMDA) Perencanaan Kabupaten Kapuas tahun 2019, di Aula Kantor Bappeda Kapuas, Senin.

Oleh karena itu, kata dia dalam proses sosialisasi dan Bimtek Simda Perencanaan tersebut diminta agar diikuti secara serius oleh seluruh Perangkat Daerah Kabupaten Kapuas.

Nafiah Ibnor menjalaskan, bahwa konsistensi antara perencanaan dan penganggaran merupakan kebutuhan mutlak dalam penyelenggaraan Pemerintah Daerah dengan penerapan perencanaan yang terintegrasi dengan penganggaran.

"Oleh sebab itu implementasi rencana aksi tersebut memerlukan komitmen dan kesungguhan kita bersama untuk segera melaksanakan dan secara konsisten menerapkannya dalam penyusunan perencanaan dan penganggaran,"ungkapnya.

Wabup menambahkan, menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan kepada Badan Pengawasan Keuangan  dan Pembangunan (BPKP) Perwakilan Kalimantan Tengah yang telah berkenan memfasilitasi Bimtek untuk Pemerintah Kabupaten Kapuas. "Saya ucapkan terimakasih dan penghargaan kepada BPKP Kalteng yang telah memfasilitasi Bimtek ini,"ucap HM. Nafiah Ibnor.

Sementara Kepala Bappeda Kabupaten Kapuas Yan Hendri Ale, dalam melapornya menyampaikan, bahwa kegiatan dilaksanakan sejak tanggal 22-26 April 2019, yang diikuti 32 Perangkat Daerah dan 17 Kecamatan serta Kelurahan-kelurahan yang ada, 

"Dengan jumlah peserta kurang lebih 150 orang," kata Yan Hendri Ale.