Wabup dorong perempuan di Seruyan terus berkarya dan warnai pembangunan

id pemkab seruyan, wabup seruyan, iswanti, hari kartini,perempuan,perempuan bicara,gabungan organisasi wanita,gow

Wabup dorong perempuan di Seruyan terus berkarya dan warnai pembangunan

Wakil Bupati Seruyan Iswanti (tengah) usai membuka lomba fashion show dalam rangka peringatan Hari Kartini, Kuala Pembuang, Senin, (22/4/2019). (Foto Protokol Pemkab Seruyan)

Kuala Pembuang (ANTARA) - Wakil Bupati Seruyan, Kalimantan Tengah Iswanti mendorong perempuan di wilayahnya untuk terus berkarya dan mewarnai pembangunan di daerah, sesuai bidang dan keahliannya masing-masing.

"Momentum peringatan Hari Kartini ini hendaknya tidak hanya bersifat seremonial saja, namun benar-benar mampu diteladani dan diterapkan dalam kehidupan," katanya di Kuala Pembuang, Senin.

Hal itu ia ungkapkan saat membuka lomba fashion show yang diselenggarakan Gabungan Organisasi Wanita (GOW) Seruyan dalam rangka memperingati Hari Kartini. Kegiatan itu digelar di Lapangan Tenis Indoor Kuala Pembuang.

Lomba fashion show terbagi dalam dua kategori berbeda, yakni remaja atau pelajar SMP/SMA sederajat usia 15-18 tahun dan kategori umum usia 20 tahun ke atas dengan berat minimal 60 kilogram. Selain fashion show, juga digelar lomba menghias bunga dengan bahan dasar buah dan sayur.

Menurutnya sejumlah lomba yang digelar GOW tersebut, memiliki banyak makna penting dan tidak hanya sebatas gelaran lomba untuk memeriahkan peringatan Hari Kartini saja.

"Seperti halnya lomba fashion show, bertujuan untuk menguatkan mental perempuan yang ada di Seruyan agar lebih berani tampil dan unjuk diri di hadapan publik," paparnya.

Iswanti menyebut, perempuan yang ada di Seruyan baik di perkotaan maupun pelosok perdesaan, harus berani tampil dan menyuarakan setiap ide ataupun konsep pembangunan yang dimiliki. Gagasan tersebut bisa berupa usulan atau saran, bahkan kritik.

Selama ini keterlibatan perempuan dalam berbagai kegiatan pembangunan di daerah sudah cukup baik, hal itu dapat dilihat dari berbagai jabatan strategis yang kini diisi oleh kaum hawa.

Seperti dirinya yang dipercaya sebagai wakil bupati, kemudian sejumlah anggota DPRD, pejabat di organisasi perangkat daerah maupun bidang lainnya di luar pemerintahan.

"Untuk itu, kita harus bisa menjaga kepercayaan yang telah diberikan masyarakat kepada perempuan di masa kini. Yakni dengan berbagai karya dan prestasi dalam pembangunan," tegasnya.