Kejati nilai Pemilu 2019 di Kalteng berjalan aman dan damai

id Kejati Kalteng,Pemilu 2019 di Kalteng berjalan aman dan damai,Kepala Seksi Penegakan HukumRustianto,Kejati nilai Pemilu 2019 di Kalteng berjalan aman

Kejati nilai Pemilu 2019 di Kalteng berjalan aman dan damai

Kepala Seksi Penegakan Hukum Kejati Kalteng Rustianto. (Foto Antara Kalteng/Anwar S Pandiangan)

Kepala Seksi Penegakan Hukum Rustianto. (Foto Antara Kalteng/Anwar S Pandiangan)
Palangka Raya (ANTARA) - Kejaksaan Tinggi Provinsi Kalimantan Tengah menilai, bahwa pelaksanaan pemilihan umum (Pemilu) maupun pemilihan legislatif (Pileg) 2019 di daerah itu berjalan lancar, aman dan damai.

"Kami akui pelaksanaan Pemilu di Kalteng ini berjalan lancar dan damai, tanpa adanya gangguan-gangguan yang bisa saja mengancam pelaksanaan pesta demokrasi lima tahunan itu," kata Kepala Kejati Kalteng Adi Sutanto, melalui Kepala Seksi Penegakan Hukum Rustianto di Palangka Raya, Selasa.

Rustianto menambahkan, bahawa momen Pilpres dan Pileg 2019 menentukan pemimpin masa depan kita untuk lima tahun. Sehingga, dimana pemimpin yang terpilih nantinya bisa membawa perubahan bagi masyarakat Indonesia khususnya Kalimantan Tengah (Kalteng), baik itu dibidang ekonomi maupun kesejahteraan rakyat.

Ia juga mengatakan, bahwa sebelumnya Kejati Kalteng juga sudah bekerja sama dengan pihak sentral penegakan hukum terpadu (Gakkumdu),TNI/POLRI untuk menjaga keamanan selama Pemilu serentak 2019 berlangsung.

Terkait kendala yang dialami beberapa penyelenggara Pemilu di TPS seperti, surat suara kurang, tertukar hingga ada pemilih yang beberapa kali mencoblos, itu semua kita serahkan sepenuhnya kepada pihak KPU. "Yang penting tetap mengacu pada peraturan yang berlaku," ucap Rustianto.

Dia juga mengimbau kepada seluruh masyarakat Kalteng, untuk tidak mudah percaya denga isu-isu terkait Pemilu yang bisa saja memecah belah persatuan dan kesatuan NKRI.

Rustianto menilai, bahwa antusias pemilih tahun ini cukup tinggi antara 70-80 persen, dibandingkan pada tahun 2014 yang hanya mampu dibawah 70 persen. Sebab hal tersebut terlihat antusias warga berbondong-bondong menggunakan hak pilihnya 

Ia berharap kepada seluruh masyarakat Kalteng dimohon untuk bersabar menunggu hasil perhitungan suara yang sah dan resmi dari pihak KPU. Walaupun hasil quick count yang ada, sementara menjadi acuan masyarakat bahwa salah satu calon presiden dan wakil presiden meraih kemenangan mutlak.