Kepala desa hasil pilkades serentak Kotim dibekali pengetahuan kepemimpinan

id Kepala desa hasil pilkades serentak Kotim dibekali pengetahuan kepemimpinan,Pilkades,Bupati Kotim,Kotawaringin Timur,Supian Hadi,Sampit

Kepala desa hasil pilkades serentak Kotim dibekali pengetahuan kepemimpinan

Bupati H Supian Hadi memberi arahan saat pembukaan pembekalan bagi kepala desa hasil pemilihan kepala desa serentak tahun 2018, Rabu (24/4/2019). (Foto Antara Kalteng/Norjani)

Sampit (ANTARA) - Sebanyak 48 desa hasil pemilihan kepala desa serentak tahun 2018 di Kabupaten Kotawaringin Timur Kalimantan Tengah diberi pembekalan tentang kepemimpinan dan pengelolaan keuangan sebagai bahan bagi mereka menjalankan tugas.

"Saya yakin setelah kegiatan ini, para kepala desa cepat kembali ke desa dan cepat bekerja untuk membangun desa-desa di Kotawaringin Timur. Pembekalan ini sangat penting, terlebih bagi kepala desa yang baru," kata Bupati H Supian Hadi di Sampit, Rabu.

Supian berharap kepala desa benar-benar menyerap ilmu yang diberikan karena sangat penting bagi kepala desa dalam menjalankan tugas memimpin desa. Terlebih terkait aturan pengelolaan keuangan, sangat penting diketahui karena kaitannya dengan masalah hukum.

Pemerintah daerah sengaja menghadirkan narasumber dari Kementerian Dalam Negeri, Kejaksaan Negeri, Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Inspektorat dan instansi lainnya agar beserta benar-benar memahami dan bisa berdiskusi dengan narasumber yang berkompeten di bidang masing-masing.

Peserta mendapat penjelasan serta arahan langsung bagaimana tentang pengelolaan dana desa, pemerintahan desa, serta tata kelola pemerintahan yang baik. Pengetahuan ini penting bagi seorang kepala desa dalam memimpin pembangunan desa. 

"Peran seorang kepala desa sangat menentukan dalam pembangunan desa. Makanya kepala desa harus benar-benar memahami aturan sehingga pembangunan berjalan dengan baik," kata Supian.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kotawaringin Timur Hawianan mengatakan, tugas dan tantangan kepala desa saat ini sangat jauh berbeda dibanding beberapa tahun lalu. Untuk itulah perlunya pembekalan bagi kepala desa agar mempunyai pengetahuan yang lebih baik dalam memimpin.

"Saat ini tingkat kemajuan dan transparansi itu sudah jauh lebih baik sehingga kepala desa perlu diberi wawasan pandangan yang lebih baik lagi melalui pembekalan ini," kata Hawianan.

Menurutnya, kepemimpinan kepala desa sangat menentukan terhadap cepat atau lambatnya kemajuan desa, termasuk bagaimana kepala desa bisa diterima masyarakat desa dengan pendekatan-pendekatan yang baik.

Pembekalan dan pembaruan pengetahuan sangat penting bagi seorang kepala desa karena banyak hal-hal baru yang memang wajib diketahui dan dipatuhi kepala desa. Apalagi terkait aturan teknis pengelolaan keuangan, wajib dipatuhi agar tidak sampai menimbulkan konsekuensi hukum.