Legislator minta kinerja KPU Kotim dievaluasi

id Legislator minta kinerja KPU Kotim dievaluasi,Pemilu,DPRD,Kotawaringin Timur,Handoyo J Wibowo,Sampit

Ketua Komisi I DPRD Kabupaten Kotawaringin Timur Handoyo J Wibowo. (Foto Antara Kalteng/Untung Setiawan)

Sampit (ANTARA) - Ketua Komisi I DPRD Kabupaten Kotawaringin Timur Kalimantan Tengah Handoyo J Wibowo meminta kinerja Komisi Pemilihan Umum (KPU) daerah itu dievaluasi karena pelaksanaan pemilu di daerah itu dinilai banyak menimbulkan permasalahan.

"Banyak permasalahan yang tidak dapat dijelaskan oleh KPU, terutama terkait banyaknya tempat pemungutan suara (TPS) yang mengalami kekurangan surat suara, sehingga membuat proses pemungutan suara dihentikan," katanya di Sampit, Rabu.

Kurangnya surat membuat banyak masyarakat yang telah terdaftar sebagai pemilih tidak dapat menggunakan hak pilihnya. Hal itu merugikan semua pihak, mulai dari pemilik hak pilih, hingga peserta pemilu yang akhirnya kehilangan suara pemilih.

Handoyo menilai kinerja KPU Kotawaringin Timur sangat mengecewakan. Untuk itu perlu adanya evaluasi oleh KPU pusat dan provinsi agar kejadian tersebut tidak terulang pada pelaksanaan pemilihan kepala daerah maupun pemilu presiden dan calon legislatif.

"Kami tidak ingin permasalahan ini terulang atau sampai terjadi pada pilkada karena Kotawaringin Timur pada akhir 2020 nanti akan menggelar hajatan pemilihan kepala daerah, yakni bupati dan wakil bupati," tegasnya.

Dikatakannya, selain kekurangan surat suara, banyaknya warga yang tidak dapat menggunakan hak pilih juga harus menjadi catatan tersendiri.

Handoyo menilai, KPU Kotawaringin Timur kurang transparan terhadap sejumlah permasalahan yang terjadi saat pelaksanaan pemilu. Ini harus menjadi perhatian bersama agar tidak menjadi preseden buruk.

"Jika ada permasalahan, hendaknya KPU jangan ditutup-tutupi. Mari kita selesaikan permasalahan itu secara bersama-sama, siapa tahu kami bisa membantu," tegasnya.

Sementara itu, sampai saat ini proses rekapitulasi suara pemilu serentak 2019 masih terus berlanjut, dan masih di tingkat panitia pemilihan kecamatan (PPK). Sedangkan untuk pleno rekapitulasi perolehan suara pemilu serentak di KPU Kotawaringin Timur rencananya akan digelar pada 29 April hingga 1 Mei 2019. 

Sementara itu, pada pemilu serentak yang digelar 17 April 2019, ada sebanyak 40 kursi DPRD Kotawaringin Timur yang diperebutkan dan terbagi pada lima daerah pemilihan. 
Meski begitu, kini sudah muncul nama-nama calon anggota legislatif yang diprediksi akan meraih kursi di daerah pemilihan masing-masing. Data itu diolah dari klaim berdasarkan data internal partai.

Untuk dapil I yang meliputi Kecamatan Mentawa Baru Ketapang yang tersedia 10 kursi, diprediksi diraih oleh : 
1. Muhammad Rudini (PAN)
2. Sutik (Gerindra)
3. Riskon Fabiansyah/ Zohra (Golkar)
4. Modika Latifah - (PDIP)
5. Hero Harapano Mandouw - (Demokrat)
6. Khozaini (Hanura)
7. Iwan Kurniawan (PAN)
8. Bima Santoso (PKB)
9. Suprianto (PKS)
10. P Gultom/Dewi R (Nasdem)

Untuk dapil II yang meliputi Kecamatan Baamang dan Seranau ada delapan kursi yang diperebutkan, diprediksi diraih :
1. Agus Seryantara - (PDIP)
2. Sanidin/Adi Wahyudi (Gerindra)
3. H Abdul Kadir (Golkar)
4. H Rambat (PKB)
5. Dadang H Syamsu (PAN)
6. Handoyo J Wibowo (Demokrat)
7. Yohanes Aridan Hernan/Rinie (PDIP)
8. Syahbana (Nasdem)

Untuk dapil III yang meliputi Kecamatan Mentaya Hilir Utara, Mentaya Hilir Selatan, Pulau Hanaut dan Kecamatan Teluk Sampit ada sebanyak tujuh kursi yang diperebutkan, diprediksi diperoleh :
1. Hj Darmawati (Golkar)
2. Muhamad Yamin (PAN)
3. H Badiansyah (PDIP) 
4. Hj Rusmawati (Gerindra)
5. Hj Salasiah (PPP)
6. H Rudianur (Golkar) 
7. Linda (Demokrat)

Untuk dapil IV yang meliputi Kecamatan Kota Besi, Cempaga, Cempaga Hulu, dan Telawang memperebutkan tujuh kursi, diprediksi diperoleh :
1. Rimbun (PDIP)
2. Parimus (Demokrat)
3. M Arsyad (Golkar)
4. H Ary Dewar (Gerindra)
5. Paisal Darmasing (PDIP)
6. Reno/Megawati (PAN)
7. H Hademan (PKB)

Sedangkan untuk dapil V meliputi Kecamatan Parenggean, Antang Kalang, Bukit Santuai, Mentaya Hulu, Telaga Antang, dan Tualan Hulu memperebutkan delapan kursi, diprediksi diduduki oleh :
1. Cici Desylia (PDIP)
2. Nadi Enggon/ Sarjono (Golkar)
3. Juliansyah (Gerindra)
4. Anang Kapelius (Demokrat)
5. H Haris Salam (PAN)
6. Hendra Sia (Perindo)
7. H Abdul Sahid (PKS)
8. Hadrawi (PDIP)

Sedangkan untuk unsur pimpinan DPRD Kabupaten Kotawaringin Timur periode 2019-2024 diprediksi akan diduduki oleh PDIP dengan total perolehan 7 sampai 8 kursi untuk jabatan ketua, Golkar diperkirakan mendapat 6 sampai 7 kursi untuk jabatan wakil ketua 1 dan PAN dengan total perolehan 6 kursi untuk jabatan wakil ketua 2.

Pewarta :
Uploader : Admin 2
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar