Penerapan 5G Huawei akan diblokir Inggris

id huawei,5g huawei,Penerapan 5G Huawei akan diblokir Inggris

Penerapan 5G Huawei akan diblokir Inggris

Ilustrasi pameran teknologi 5G Huawei di Beijing, China. (Reuters)

Jakarta (ANTARA) - Britania Raya dikabarkan akan memblokir Huawei Technologies dari rencana penerapan jaringan 5G, termasuk untuk akses ke jaringan non-inti.

Reuters, menurut sumber anonim bidang keamanan, Rabu, melaporkan negara kerajaan itu akan memblokir Huawei dan mengawasi secara ketat penerapan 5G menyusul bisikan AS kepada Inggris sebagai aliansi tentang teknologi Huawei..

Amerika Serikat sebelumnya dengan tegas menolak menggunakan teknologi dari Huawei karena mencurigai produsen peralatan telekomunikasi terbesar di dunia itu telah digunakan oleh pemerintah China sebagai mata-mata.

Reuters melansir Daily Telegraph, menuliskan Inggris Raya akan memberi Huawei akses terbatas ke jaringan.

Ketua Komite Urusan Luar Negeri, Tom Tugendhat, menyatakan sulit untuk membedakan bagian inti dan non-inti dari pembangunan jaringan 5G.

"Teknologi 5G mengubah dari sistem Internet cepat menjadi sistem Internet yang dapat menghubungkan segalanya. Maka, sulit membedakan bagian inti dan non-inti," kata dia.

Amerika Serikat dinilai khawatir terhadap dominasi China pada teknologi jaringan 5G. Washington tidak siap menerima dominasi itu dan memunculkan perbandingan sebagaimana perlombaan senjata perang dingin.