Ini potensi jumlah kursi PDIP di tiap dapil Kalteng

id pemilu 2019,provinsi kalimantan tengah,perolehan kursi pdip di kalteng,sekretaris pdip kalteng,freddy ering

Ini potensi jumlah kursi PDIP di tiap dapil Kalteng

Sekretaris PDIP Kalteng Freddy Ering saat diwawancarai sejumlah wartawan di gedung DPRD Kalteng, Kamis. (Ist)

Palangka Raya (ANTARA) - Sekretaris Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan Kalimantan Tengah Freddy Ering menyebut, pihaknya berpotensi meraih setidaknya 12 kursi di DPRD Provinsi untuk periode 2019-2024.

Potensi 12 kursi itu diketahui dari perolehan suara yang telah dihitung oleh tim struktur PDIP bersama para calon legislatif di masing-masing daerah pemilihan Kalteng, kata Freddy di Palangka Raya, Kamis.

"Memang belum sepenuhnya selesai dan sampai masih berlangsung penghitungan suara di internal partai, tapi 12 kursi bahkan bisa lebih berpotensi diraih PDIP," ucapnya.

Berdasarkan hasil penghitungan sementara tim internal PDIP, partai berlambang banteng moncong putih itu meraih tiga kursi di daerah pemilihan I yang meliputi Kota Palangka Raya, Kabupaten Katingan dan Gunung Mas.

Kemudian di dapil II Kalteng meliputi Kabupaten Kotawaringin Timur dan Seruyan berpotensi meraih tiga kursi, dapil III meliputi Kotawaringin Barat Lamandau dan Sukamara berpotensi meraih dua kursi.

Baca juga: Kapolda Kalteng monitoring situasi pasca Pemilu di Pulpis

"Kalau di dapil IV Kalteng yang meliputi Barito Selatan Barito Timur Barito Utara dan Murung Raya berpotensi meraih dua 2 kursi, dan dapil V meliputi Pulang Pisau dan Kapuas berpotensi meraih tiga kursi," beber Freddy Ering.

Meski begitu, dia menegaskan bahwa jumlah kursi di masing-masing dapil tersebut baru berdasarkan perhitungan internal PDIP bersama para caleg. Untuk kepastiannya tetap menunggu hasil penghitungan dan pleno Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Dia mengatakan melihat potensi jumlah kursi yang diraih dalam pemilu 2019 ini, Sekjen PDIP Kalteng itu pun meyakini bahwa jabatan Ketua DPRD Provinsi akan kembali dijabat oleh kadernya.

"Jabatan Ketua DPRD Kalteng ya optimis dari PDIP. Kami partai pemenang di pemilu tahun 2019 untuk provinsi Kalteng," demikian pria yang masih menjadi Anggota DPRD Kalteng itu.

Baca juga: Total kotak suara yang rusak pasca ambruknya bangunan tempat penyimpanan logistik Pemilu

Baca juga: Pisahkan Pemilihan legislatif dan eksekutif, kata Teras Narang