Kantor Dinas Koperasi Kotim nyaris ludes terbakar diduga dipicu ini

id Kantor Dinas Koperasi Kotim nyaris ludes terbakar diduga dipicu ini,Pemkab Kotim,Kotawaringin Timur,Sampit,Dinas Pemadam Kebakaran dan penyelamatan

Kantor Dinas Koperasi Kotim nyaris ludes terbakar diduga dipicu ini

Kebakaran sempat membakar plafon dan lemari kantor Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Kotawaringin Timur, Kamis (25/4/2019) malam. (Foto Istimewa)

Sampit (ANTARA) - Kebakaran melanda kantor Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) Kabupaten Kotawaringin Timur Kalimantan Tengah di Jalan Jenderal Sudirman km 7 Kecamatan Mentawa Baru Ketapang, Sampit.

"Penyebab kebakarannya, nanti polisi yang lebih berwenang menyelidikinya. Tapi memang ada dugaan akibat korsleting listrik," kata Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kotawaringin Timur Rihel di Sampit, Kamis malam.

Kebakaran terjadi sekitar pukul 18.00 WIB. Api terlihat muncul di salah satu ruangan yang selama ini digunakan untuk bagian sekretariat kantor tersebut.

Begitu mendapat laporan, Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan langsung memberangkatkan tiga unit pemadam kebakaran ke lokasi. Sementara itu, Badan Penanggulangan Bencana Daerah mengirim satu unit mobil pemadam kebakaran.

Tindakan cepat petugas pemadam dengan jumlah personel cukup banyak, berhasil mencegah kebakaran meluas. Kebakaran itu tidak sampai meludeskan seluruh bangunan yang merupakan aset daerah tersebut.

Api sempat membakar lemari, televisi dan plafon ruangan. Untungnya api dengan cepat bisa dipadamkan sehingga tidak sampai merembet ke ruangan lainnya di kantor itu.
Sementara itu, warga menduga kebakaran itu dipicu korsleting atau hubungan pendek arus listrik dari kabel televisi yang masih tersambung ke colokan listrik di dinding.

Informasinya, televisi tersebut rusak akibat disambar petir beberapa hari lalu. Namun, kabel televisi tersebut lupa dilepas sehingga terjadi korsleting yang membuat televisi itu terbakar dan merembet ke lemari.

Api kemudian mengenai plafon ruangan dan terbakar cukup luas. Untungnya petugas pemadam kebakaran cepat tiba di lokasi sehingga api berhasil dipadamkan dan kebakaran tidak sampai meluas.

"Mungkin memang dari kabel televisi itu karena televisinya memang sedang rusak terkena petir, tapi kabelnya belum dilepas. Tapi nanti penyelidikan polisi yang akan mengetahui pasti penyebabnya," kata seorang pegawai.