Pawai taaruf jadi penanda dimulainya STQ Kalteng

id Pawai taaruf, stq kalteng, pemprov kalteng, sekda fahrizal fitri, pameran dan pasar rakyat, upacara pembukaan, sanaman mantikei, wali band, wahana sil

Pawai taaruf jadi penanda dimulainya STQ Kalteng

Pawai taaruf STQ ke-XXII tingkat provinsi, Palangka Raya, Jumat, (26/4/2019). (Foto Antara Kalteng/Muhammad Arif Hidayat)

Palangka Raya (ANTARA) - Pawai taaruf yang digelar pada Jumat (26/4) pagi, jadi penanda dimulainya rangkaian kegiatan Seleksi Tilawatil Quran (STQ) ke-XXII tingkat Provinsi Kalimantan Tengah.

"Pawai ini sebagai sarana menjalin komunikasi serta perkenalan sesama kafilah maupun kepada masyarakat," kata Sekretaris Daerah Kalteng Fahrizal Fitri di Palangka Raya, Jumat.

Pawai taaruf dimulai dari Bundaran Besar Palangka Raya dengan rute lintasan meliputi jalan Ahmad Yani dan sekitarnya. Kegiatan ini diikuti oleh 14 kafilah perwakilan kabupaten/kota, organisasi perangkat daerah di lingkup pemprov serta sejumlah sekolah.

Fahrizal menjelaskan, pelaksanaan pawai taaruf yang digelar sebagai kegiatan pertama STQ, diharapkan mampu menarik perhatian masyarakat. Hingga akhirnya mereka beramai-ramai datang dan menyaksikan upacara pembukaan STQ yang akan dimulai nanti malam.

"Upacara pembukaan akan digelar nanti malam di arena utama yang berada di Stadion Sanaman Mantikei Palangka Raya," jelasnya di sela pelepasan peserta pawai taaruf.

Namun sebelum upacara pembukaan tersebut, terlebih dulu akan dilakukan pembukaan pameran dan pasar rakyat yang berada di Jalan AIS Nasution Palangka Raya usai gelaran pawai taaruf.

Pameran dan pasar rakyat ini, diharapkan menjadi penambah nilai ekonomi dengan adanya transaksi jual beli masyarakat. Sehingga STQ tidak hanya menjadi ajang kompetisi, namun juga berkontribusi terhadap perekonomian di daerah.

"Adanya pameran yang diikuti oleh masing-masing kafilah kabupaten/kota, juga menjadi sarana promosi berbagai produk unggulan daerah guna memperluas jaringan dan jangkauan pemasaran yang mereka miliki," jelas Fahrizal.

Upacara pembukaan STQ ke-XXII Kalteng, juga akan dimeriahkan oleh penampilan band asal ibukota yakni Wali Band. Pihaknya berharap agar gelaran STQ berjalan sukses dan lancar serta mendapatkan dukungan penuh dari masyarakat.