Gubernur Kalteng minta kebijakan di daerahnya gunakan kajian berbasis riset

id Gubernur Kalteng,Sugianto Sabran,Kebiajakan daerah gunakan kajian berbasis riset

Gubernur Kalteng minta kebijakan di daerahnya gunakan kajian berbasis riset

Gubernur H Sugianto Sabran bersama Ketua Tim Penggerak PKK Kalteng Yulistra Ivo. (FOTO ANTARA/Norjani)

Palangka Raya (ANTARA) - Gubenur Kalimantan Tengah .Sugianto Sabran mengingatkan para bupati dan wali kota di provinsi itu agar menggunakan hasil kajian berbasis riset dari kalangan akademisi dalam membuat kebijakan.

“Dalam membuat kebijakan dan program dengan syarat utama harus berbasis riset dan hasil kajian dari kalangan akademisi dan tim ahli. Saya tidak mau dengar kalau ada bupati/wali kota yang berbuat hanya untuk pencitraan saja,” ucap Gubernur Sugianto Sabran di Palangka Raya, Jumat.

Sugianto yang juga mantan anggota DPR-RI itu menegaskan, meskipun gubernur dan bupati/wali kota itu jabatan politik, namun harus tetap memperhatikan kajian ilmiah dalam mengambil keputusan, penyusunan kebijakan dan implementasinya.

Dikatakan, seorang bupati atau wali kota tentu sangat memahami kondisi kehidupan di tengah masyarakatnya dan tahu cara mengatasinya.

Namun bila kepala daerah bisa memadukan antara kematangan di lapangan dengan hasil riset, maka kebijakannya dipastikan lebih komprehensif dan lebih mudah diterapkan serta hasilnya bisa dirasakan masyarakat luas.

Peringatan Gubernur Sugianto Sabran tersebut juga telah disampaikan di hadapan bupati/wali kota se-Kalteng saat membuka Rapat Koordinasi Pengendalian (Rakordal) Pembangunan semester pertama tahun 2019 di aula Bappeda Kalteng di Palangka Raya, Kamis (25/4).

Bersamaan pembukaan Rakordal Pembangunan, Gubernur Kalteng mengukuhkan Pengurus Dewan Riset Daerah (DRD) Provinsi Kalimantan Tengah periode 2019-2022 terdiri dari 36 orang akademisi dari Universitas Palangka Raya (UPR) dan Universitas Muhammadiyah Palangka Raya (UMP) dan sejumlah dosen dari perguruan tinggi lainnya yang ada di Palangka Raya.

Dewan Riset Daerah Kalteng 2019-2022 di ketuai Prof.Dr.Sulmin Gumiri, M.Sc Wakil Rektor Bidang Kerja sama UPR dan sebagai Sekretaris Dr. Sonedi, M.Pd Rektor Universitas Muhammadiyah Palangka Raya terdiri dari empat komisi.

Komisi I Bidang Ekonomi dan Ketahanan Pangan diketuai Dr.Ir.Hj.Masliani,MP, Komisi II Bidang Infrastruktur, Sumber Daya Alam, Lingkungan Hidup dan Energi  diketuai Prof.Dr.Ir.H.Saputera,MS, Komisi III Bidang Pendidikan, Budaya dan Kesehatan diketuai Prof.Dr.Joni Bungai,M.Pd dan Komisi IV Bidang Sosial, Politik, Hukum dan Pemerintahan diketuai Dr.Sidik Rahman Usop,MS.


Pewarta :
Uploader : Admin Kalteng
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar