Ini yang dilakukan Gubernur Kalteng agar pembangunan tepat sasaran

id pemerintah provinsi kalimantan tengah,pemprov kalteng,gubernur sugianto sabran,kunjungan kerja,serap aspirasi masyarakat,pembangunan tepat sasaran,ska

Ini yang dilakukan Gubernur Kalteng agar pembangunan tepat sasaran

Gubernur Kalteng Sugianto Sabran (tiga dari kiri) saat mengunjungi Tewah, Kabupaten Gunung Mas, Sabtu, (27/4/2019). (Foto Antara Kalteng/Muhammad Arif Hidayat)

Palangka Raya (ANTARA) - Gubernur Kalimantan Tengah Sugianto Sabran secara rutin berkunjung ke daerah, khususnya wilayah pelosok perdesaan untuk menemui masyarakat dan menyerap ragam aspirasi yang mereka sampaikan.

"Ini secara rutin saya lakukan untuk mengetahui berbagai permasalahan ataupun kendala yang mereka hadapi," katanya di Palangka Raya, Minggu.

Melalui pertemuan dan melihat secara langsung kondisi riil di lapangan, akan memudahkan pihaknya dalam menyusun setiap program kerja. Sehingga program kerja yang disusun tersebut, benar-benar sesuai kebutuhan dan tepat sasaran.

Berbagai usulan yang masyarakat sampaikan akan pihaknya terima dan tindaklanjuti. Untuk itu dalam setiap kunjungannya, kepala organisasi perangkat daerah (OPD) juga turut mendampingi.

"Jadi dalam pertemuan tersebut bisa langsung dilakukan diskusi dan didapatkan gambaran terkait penanganan yang akan dilakukan pemprov," terangnya kepada Antara Kalteng.

Sugianto mencontohkan, jika yang warga keluhkan adalah kurangnya tenaga kesehatan, maka perwakilan Dinas Kesehatan dapat langsung memberikan penjelasan dan gambaran kepada warga terkait tindakan hingga mekanisme penanganan yang akan dilakukan pemerintah.

Namun semua permasalahan ataupun kendala yang dihadapi masyarakat di berbagai daerah, akan diselesaikan secara bertahap menyesuaikan ketersediaan anggaran dan skala prioritas pembangunan.

"Yang jelas semua permasalahan akan ditindaklanjuti, baik oleh pemprov ataupun pemerintah kabupaten," jelas Sugianto.

Saat ini pemprov memiliki empat skala prioritas pembangunan, terdiri dari pembangunan infrastruktur, pendidikan, kesehatan dan ekonomi dalam arti luas. Setiap program pembangunan yang dimiliki pemprov ataupun pemkab/pemkot lebih banyak diarahkan kepada empat bidang tersebut.

Salah satu kunjungan ke daerah yang baru dilakukan Sugianto, yakni mendatangi warga di Tewah Kabupaten Gunung Mas. Disana ia berinteraksi secara langsung dan berdiskusi dengan warga terkait berbagai permasalahan yang mereka hadapi.

Selain mendatangi warga, ia juga menyempatkan untuk meninjau SMA Negeri 1 Tewah yang direndam banjir, yaitu dengan mengelilingi sekolah dan berdiskusi dengan sejumlah guru yang berada disana.