KPU Kapuas mulai rekapitulasi surat suara di tingkat kabupaten

id KPU Kapuas,rekapitulasi suara Pemilu tingkat kabupaten,KPU Kapuas mulai rekapitulasi suara Pemilu tingkat kabupaten

KPU Kapuas mulai rekapitulasi surat suara di tingkat kabupaten

Petugas KPU Kabupaten Kapuas disaksikan sejumlah saksi parpol dan Bawaslu setempat, saat memulai rekapitulasi dengan membuka kota suara hasil rekapitulasi di tingkat Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) daerah setempat, Senin (29/4/2019). (Foto Antara Kalteng/All Ikhwan)

Kuala Kapuas (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Kapuas Kalimantan Tengah, mulai melakukan rekapitulasi surat suara di tingkat kabupaten di gedung pertemuan umum Manggantang Tarung Kuala Kapuas hingga Kamis (2/5) mendatang.

"Hari ini sampai dengan tanggal 2 Mei 2019, kita mengadakan rapat pleno terbuka rekapitulasi hasil penghitungan suara tingkat kabupaten Pemilu dan Pilpres tahun 2019," kata Ketua KPU Kabupaten Kapuas, Jamilah Maisura, Selasa.

Untuk rekapitulasi hari pertama sendiri, kata Jamilah Maisura, membacakan hasil perhitungan suara untuk lima kecamatan, yakni Kecamatan Basarang, Kapuas Kuala, Kapuas Timur, Kapuas Hilir dan Bataguh. 

"Istimasi kita sebenarnya ada lima kecamatan yang hari ini dibacakan rekapitulasinya, mungkin istimasi untuk hari ini terselesaikan sampai jam 4 sore saja dan hanya dua kecamatan yang bisa kita sampaikan rekapitulasinya," katanya.

Jamilah mengatakan, pembacaan rekapitulasi dihari pertama sendiri dilakukan mulai dari membacakan hasil rekapitulasi pemilihan Presiden, dan selanjutnya Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI), Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (DPD RI), Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi dan DPRD kabupaten/kota.

Sementara saat ditanya apakah semua Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) di 17 kecamatan di daerah setempat sudah selesai semua menyelesaikan hasil rekapitulasinya, Jamilah mengatakan, berdasarkan informasinya yang masih berlangsung rekapitulasi saat ini hanya PPK Kecamatan Selat. Sedangkan PPK lainya sudah selesai semua.

"Info terbaru yang kita terima sekarang ini yang masih berlangsung rekapitulasi di tingkat PPK itu di Kecamatan Selat, kemungkinan mereka barus selesai malam ini, istimasinya karena masih ada dua kelurahan yang belum terselesaikan. Yang lain, allhamdulilah sudah terselesaikan," demikian Jamilah Maisura.

Sementara dalam pelaksanaan rekapitulasi saat itu, dijaga ketat oleh pihak keamanan, para tamu undangan yang hadir langsung diperiksa petugas guna memastikan pelaksanaan rapat pleno terbuka rekapitulasi hasil penghitungan perolehan suara tingkat Kabupaten Kapuas, berjalan aman dan lancar.

Pewarta :
Uploader : Ronny
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar