Antara-Asabri sepakati kerja sama pembuatan konten

id Antara-Asabri,Antara-Asabri sepakati kerja sama pembuatan konten

Antara-Asabri sepakati kerja sama pembuatan konten

Direktur SDM dan Umum PT Asabri Herman Hidayat (dua dari kiri) menyerahkan cendera mata kepada Direktur Komersil Pengembangan Bisnis dan Teknologi Informasi LKBN Antara Hempi N. Prajudi sebagai simbolis kerja sama tahun ke lima, Jakarta, Selasa (30/4/2019). (ANTARA/Astrid Faidlatul Habibah)

Jakarta (ANTARA) - Perum Lembaga Kantor Berita Nasional (LKBN) Antara kembali menyepakati kerja sama terkait pemberitaan dan pembuatan konten untuk PT Asuransi Sosial Angkatan Bersenjata Republik Indonesia (Asabri) yang merupakan kerja sama tahun ke lima.

Kita berperan sebagai media organizing untuk berbagai event Asabri, terutama yang di daerah misalkan renovasi rumah purnawirawan, pembangunan sarana air bersih, dan kegiatan Asabri lainnya, kata Manajer Penjualan dan Pemasaran LKBN Antara Handry M. Wiranto saat ditemui usai acara rapat LKBN Antara dan Asabri, di Jakarta, Selasa.

Handry menjelaskan, peran Antara dalam kerja sama ini adalah memilih media-media yang akan dihadirkan pada setiap program yang diadakan oleh Asabri serta menjadikannya sebagai konten berita untuk dipublikasikan.

Tidak banyak sih, tapi yang jelas media besar dan nasional. Hasilnya beberapa kali ditayangkan, bahkan beberapa kali masuk satu halaman, jelas Handry.

Tidak hanya mengundang dan memilih media lain dalam setiap program Asabri, Antara juga memiliki wewenang untuk membuat sebuah framing serta memilih isu dan agenda setting pada konten yang dibuat untuk program Asabri agar mempunyai nilai berita yang bagus.

Misalnya, wah ini tidak bisa kalau hanya seremoni, seperti kemarin di perbatasan Indonesia sama Papua Nugini kita buat tentang penjaga perbatasan. Nah, thread-thread seperti ini yang menarik dan bisa dimuat media sampai satu halaman, ujar Diah Kusumawardani Wihayanti yang merupakan staf konten dan pemasaran LKBN Antara.

Di sisi lain, kerja sama Antara dengan Asabri yang dijalin pada tahun ke lima ini juga memiliki sedikit perbedaan yaitu tidak hanya berkaitan dengan coorporate communication yang fokus pada image branding, namun juga merambah pada yang lebih bersifat komersil.

Hal tersebut yaitu dengan memanfaatkan Integrated Media and Communication Services (IMCS) yang dimiliki oleh Antara seperti adanya Antaranews.com, iMedia, LED, Videotron, dan sebagainya yang telah tersebar di kantor pemerintahan seperti kantor wakil presiden dan berbagai kantor kementerian lainnya.

Kalau ada video pendek mengenai Asabri nanti kita yang edit videonya dan bikin kontennya lalu disiarkan di berbagai IMCS yang kita punya, kata Diah.

Lebih lanjut, Direktur SDM dan Umum PT Asabri Herman Hidayat menuturkan bahwa kerja sama dengan Antara yang telah terjalin selama lima tahun ini sukses membawa Asabri dikenal oleh masayarkat luas, serta membuat Asabri berhasil mendapat lima medali pada BUMN Marketeers Award.

Kita berhasil di kategori The Most Promosing Company in Marketing, in Entrepreneurial, in Branding Campaign, Tacticak Marketing, dan Strategic Marketing, kata Herman.