KNPI Kotim verifikasi OKP jelang musyawarah daerah

id KNPI Kotim verifikasi OKP jelang musyawarah daerah,Pemuda,Kotawaringin Timur,Organisasi kepemudaan,Musyawarah daerah,Musda ,Rapimda

KNPI Kotim verifikasi OKP jelang musyawarah daerah

Ketua KNPI Kotim Endra Rosana (tengah) didampingi dua pengurus lainnya. (Foto Istimewa)

Sampit (ANTARA) - Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kabupaten Kotawaringin Timur Kalimantan Tengah mulai memverifikasi organisasi kepemudaan (OKP) menjelang pelaksanaan musyawarah daerah seiring berakhirnya kepengurusan periode 2016-2019.

"Musda (musyawarah daerah) KNPI Kotawaringin Timur kemungkinan akan dilaksanakan pada minggu kedua bulan Juni mendatang. Saat ini sedang dilakukan verifikasi OKP yang akan menjadi peserta saat musda nanti," kata Ketua DPD KNPI Kotawaringin Timur Endra Rosana di Sampit, Jumat.

Panitia musyawarah daerah sudah dibentuk pada 26 April lalu. Saat ini panitia sedang mempersiapkan tahapan-tahapan untuk menuju acara yang puncaknya merupakan musyawarah daerah.

Verifikasi yang dilakukan oleh tim diketuai Pujianto, berlangsung selama satu bulan hingga 31 Mei mendatang. Seluruh OKP diharapkan mendukung verifikasi ini agar berjalan dan selesai tepat waktu.

Endra menjelaskan, pelaksanaan verifikasi merujuk pada Undang-Undang tentang Kepemudaan dan hasil rapat pimpinan daerah (rapimda) yang dilaksanakan KNPI Kalimantan Tengah. Verifikasi itu penting untuk memastikan jika OKP tersebut benar-benar eksis.

Berdasarkan data, saat ini terdapat 39 OKP yang berhimpun di KNPI Kotawaringin Timur. Seluruh OKP inilah yang diverifikasi, khususnya terkait legalitas kepengurusan.

Seluruh OKP diharap memastikan surat keputusan kepengurusan mereka masih berlaku. Surat keputusan itu menjadi dasar bahwa kepengurusan OKP tersebut masih aktif atau eksis.

Setiap OKP harus memiliki sekretariat yang jelas dan aktif menjalankan kegiatan. Verifikasi ini juga untuk mendorong agar seluruh OKP aktif dalam mendorong kegiatan kepemudaan yang membawa manfaat bagi masyarakat.

Selanjutnya, pengurus OKP akan dikumpulkan untuk mengikuti rapat pimpinan daerah. Hal ini sebagai syarat menjadi peserta musyawarah daerah.

"Kami berharap OKP yang ada saat ini seluruhnya dapat terverifikasi. Mudah-mudahan musyawarah daerah nanti berjalan lancar. Kami berharap dukungan semua pihak agar berjalan lancar," demikian Endra.

Pewarta :
Uploader : Admin 2
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar