PDIP raih suara terbanyak di dapil dua Palangka Raya

id Pemilu 2019, pemilu legislatif, daerah pemilihan dua, dapil dua, pdip, golkar, nasdem, demokrat, ppp, pkb, gerindra, hanura,Rekapitulasi penghitungan

PDIP raih suara terbanyak di dapil dua Palangka Raya

Saksi dari sejumlah partai politik mengikuti rapat pleno rekapitulasi suara calon anggota legislatif yang dipusatkan di Aula Dinas Kebudayaan dan Pariwisata setempat, Palangka Raya, Jumat, (3/5/19). (Foto Antara Kalteng/Adi Wibowo)

Palangka Raya (ANTARA) - Setelah tiga hari berlalu, akhirnya Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah berhasil merampungkan rekapitulasi serta pleno perolehan suara calon legislatif kota untuk daerah pemilihan (dapil) dua yang berada di dua kelurahan yakni Kelurahan Menteng dan Palangka Kecamatan Jekan Raya B.

"Hasil rapat pleno rekapitulasi perolehan suara di dapil dua telah rampung serta berjalan tanpa ada kendala apapun," kata Ketua KPU Palangka Raya Ngismatul Choiriyah, Jumat. 

Walaupun KPU sudah melaksanakan pleno di dapil dua, tetapi pihaknya tidak bisa memastikan siapa bakal calon legislatif yang pasti akan meraih kursi di DPRD kota periode 2019-2024. 

Pihaknya akan menetapkan bakal caleg terpilih, setelah adanya rilis dari Mahkamah Konstitusi (MK) yang menyatakan Palangka Raya tidak ada gugatan ataupun permasalahan dalam penyelenggaran pemilu tahun ini.

Berdasarkan data perolehan suara keseluruhan partai politik (parpol) peserta pemilu tahun 2019 untuk dapil dua yang dikeluarkan oleh KPU setempat, PDIP berhasil memimpin dan mengungguli parpol lain.

PDIP dengan raihan sebanyak 9.237 suara dan berpeluang meriah tiga kursi, disusul Partai Golongan Karya (Golkar) 6.395 suara dengan peluang menduduki dua kursi. 

Kemudian Partai Demokrat yang meraih suara sebanyak 5.503 berpeluang mendapatkan satu kursi, Partai Demokrat meraih 5.503 suara juga berpeluang mendapatkan satu kursi serta Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura) 4.570 suara berpeluang meraih satu kursi. 

Selanjutnya, Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) 4.496 suara berpeluang mendapatkan satu kursi. Sementara untuk Partai Nasdem 3.413 suara dan Partai Amanat Nasional (PAN) 3.421 suara berpotensi mendapatkan satu kursi di DPRD setempat.

Sedangkan untuk nama caleg yang berpeluang duduk di dapil dua Kota Palangka Raya karena memiliki suara tertinggi pada masing-masing parpolnya yakni, Vina Panduwinata, Riduanto dan Ted Apry Mahendra dari PDIP serta dari Golkar Subandi dan Norhaini.

Kemudian Arthur Apriossy Tuwan dari Partai Demokrat, Dudy B Sidau dari Partai Hanura, Anna Agustina Elsye dari Partai Gerindra, Noorkhalis Ridha dari PAN dan kursi terakhir berpeluang didapatkan Susi Idawaty dari Partai Nasdem.